Fakta Kerajaan Majapahit, Dinasti Terbesar di Nusantara!

Admin 0 Komentar

Penasaran apa saja fakta kerajaan Majapahit? Yuk, simak ulasan dibawah ini, yang bisa menambah wawasan pengetahuan kamu!

IndiffsFakta kerajaan Majapahit banyak dilupakan oleh sejarah. Padahal, kerajaan ini menguasai hampir seluruh wilayah Nusantara dan negara tetangga merupakan kerajaan terbesar di Nusantara.

Kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha ini memiliki pusat di Jawa Timur dan berdiri lebih dari 2 abad, yakni sejak tahun 1293-1500 M. Namun, tidak banyak peninggalan kerajaan Majapahit dan bukti yang dapat mengantarkan kamu untuk mempelajari ini. Penasaran apa saja fakta kerajaan Majapahit? Yuk, simak ulasan dibawah ini, yang bisa menambah wawasan pengetahuan kamu!

Puncak Kejayaan Bersama Raja Hayam Wuruk

Sejak tahun berdiri nya, Majapahit mengalami masa kejayaan di kepemimpinan Raja Hayam Wuruk. Ia merupakan raja keempat yang mewarisi tahta ibunya yaitu Tribhuwana putri Raden Wijaya.

Pada masa Hayam Wuruk, kerajaan Majapahit melakukan politik ekspansi sampai ke Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, Sulawesi, Papua, Singapura dan sebagian pulau Filipina. Saat itu 93 kerajaan tunduk pada kerajaan Majapahit.

Fakta kerajaan Majapahit yang merupakan Maritim dapat memperkuat ekonomi dengan perdagangan lewat laut. Masa keemasan kerajaan Majapahit didapatkan saat usia Hayam Wuruk masih 17 tahun.

Patih Andalan Gajah Mada

Masa kejayaan Majapahit tidak lepas dari jasa Gajah Mada sebagai panglima sekaligus Patih Majapahit. ia merupakan tangan kanan nya Raja Hayam Wuruk saat itu.

Gajah Mada berarti Gajah Mabuk menggambarkan sosok kuat dan berani melewati rintangan yang menghadang. ia diperkirakan lahir di abad 14 sebagai rakyat biasa.

Awalnya ia menjadi seorang prajurit biasa di Majapahit. Sebab kehebatan nya ia dipercaya dan diangkat sebagai kepala pasukan pengawal raja. Kemudian karier nya berkembang menjadi Patih di Daha dan mendapat pengajaran dari Patih Arya Tadah.

Melihat kemampuan Gajah Mada yang luar biasa, Arya Tadah menjadikan gajah Mada sebagai kader pengganti dirinya sebagai Mahapatih Majapahit. Akhir hidup gajah Mada memiliki berbagai macam versi, ada yang meyakini bahwa akhir hidup Gajah Mada karena skit. Namun, fakta kerajaan Majapahit dari sumber lain menyatakan bahwa Gajah Mada sebelum meninggal ia menjadi seorang pertapa hutan dan mengalami Moksa sebagai Dewa Wisnu.

Raja Majapahit Pertama

Raden Wijaya yang memiliki nama lengkap Nararya Sanggramawijaya Sri Maharaja Kertarajasa Jayawardhana merupakan pendiri sekaligus raja Majapahit pertama.

tanpa beliau, kerajaan Majapahit tidak akan ada saat itu, Fakta kerajaan Majapahit tertulis dalam Kitab Pararaton. Dijelaskan Raden Wijaya merupakan putra dari Dyah Lembu Tal, putra Mahisa Cempaka Pangeran kerajaan Singosari. Raden Wijaya memimpin Majapahit sejak 1293 sampai wafat nya tahun 1309 Masehi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru