Fakta Menarik Laut Dalam, Si Biru yang Misterius

Hannii 0 Komentar

Laut dalam memiliki tingkatan yang berbeda-beda. 200 meter pertama mencakup lautan terbuka. Penasaran seputar fakta menarik laut dalam?

IndiffsLaut dalam merupakan bagian habitat terbesar di Bumi, menempati hingga 95% dari ruang kehidupan di planet, tetapi juga merupakan lingkungan paling jarang si jelajahi. Penasaran seputar fakta menarik laut dalam?

Sangat sedikit yang diketahui tentang laut dalam dan kehidupan di dalam nya karena kedalaman air laut yang membuat para ahli kesulitan. Fakta nya, manusia lebih banyak mengetahui fakta tentang permukaan Bulan daripada tentang laut dalam.

Laut dalam memiliki tingkatan yang berbeda-beda. 200 meter pertama mencakup lautan terbuka. Sebagian besar kehidupan laut yang dikenal manusia hidup pada kedalaman tersebut, di mana Cahaya Matahari asih ada. Di bawah kedalaman 200 meter, hanya tersisa sedikit cahaya, itu adalah Twilight Zone. Setelah melewati 1000 meter, tidak ada cahaya yang masuk sama sekali dan bagian tersebut telah mencapai laut dalam.

Ada beberapa fakta yang telah diketahui tentang laut dalam. Berikut beberapa fakta menarik laut dalam yang mencengangkan, penasaran? Simak ulasan berikut ini!

Banyak Organisme Laut Dalam Dapat Menghasilkan Cahaya Sendiri

Fakta Menarik Laut Dalam

Banyak Organisme Laut Dalam Dapat Menghasilkan Cahaya Sendiri – Brilio.net

Di lautan yang gelap, banyak organisme menghasilkan cahaya sendiri yang disebut bioluminescence untuk bertahan hidup. Beberapa ikan memiliki juntai yang menyala di depan mulutnya untuk menarik mangsa. Sementara, cumi-cumi laut dalam cenderung menembakkan cairan berbahaya, alih-alih tinta, untuk mengelabui predator.

Cacing dan Krustasea kecil juga menggunakan bioluminescence untuk menarik pasangan. Di laut dalam, bioluminescence sangat umum dan karena laut dalam sangat luas, bioluminescence  mungkin merupakan bentuk komunikasi sesama hewan yang tinggal di laut dalam.

Ikan Laut Dalam Terbesar Adalah Greenland Shark

Fakta Menarik Laut Dalam

Ikan Laut Dalam Terbesar Adalah Greenland Shark – Tribunnews.com

Ikan terbesar yang pernah hidup di laut dalam adalah Greenland Shark dan sering salah diidentifikasi sebagai Great White Shark karena ukuran nya yang besar. Ikan ini mampu tumbuh dengan panjang mencapai hingga 7,2 meter dan berat mencapai 1400 kilogram.

Greenland Shark memiliki nafsu makan yang tinggi dan hampir memakan apa saja. Biasanya predator ini akan memakan belut, lumpfish, flounder dan hiu kecil lainnya, tetapi hiu ini juga akan memakan bangkai. Greenland Shark juga diketahui memakan hewan darat. Beruang kutub, rusa kutub, tulang kuda dan kulit rusa pernah ditemukan di dalam perut nya.

Hiu ini jarang terlihat di alam liar. Baru pada 1995 para ilmuwan dapat menangkap gambar pertama Greenland Shark yang berenang di habitat aslinya. Kemudian pada 2003, para ahli berhasil merekam video seekor Greenland Shark sedang berenang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru