Fakta Menarik Masjid Al-Jabbar yang Megah, No 5 Tak Disangka!

Admin 0 Komentar

Kota Bandung ternyata punya banyak wisata religi yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Masjid Agung Al-Jabbar di kawasan Gedebage.

INDIFFS.COM – Masjid Al-Jabbar akan menjadi salah satu destinasi wisata religi baru di Kota Bandung. Masjid yang berlokasi di Jalan Cimincrang, Cimenerang, Gedebage ini akan diresmikan hari ini, 30 Desember 2022.

Kabar tersebut disampaikan langsung Gubernur Jabar, Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya @ridwankamil. Ridwan Kamil mengunggah video saat dirinya melakukan pengecekan pembangunan masjid yang berlokasi di kawasan Gedebage, Kota Bandung itu.

Berikut enam fakta Masjid Al-Jabbar yang tentunya sangat dinantikan oleh masyarakat pasundan tersebut.

1. Konsep Masjid Al-Jabbar

Emil mengaku, desain Masjid Al Jabbar terinspirasi dari rumus matematika, Aljabar, yang sekaligus nama ilmuwan tersohor di dunia.

“Matematika identik dengan Aljabar, ilmuwan matematika terkenal dunia namanya Aljabar, kemudian Aljabar nama asmaul husna yang kita tuliskan di mihrab itu artinya agung. Kebetulan juga Aljabar juga singkatan Jawa Barat. Jadi sudah takdirnya, namanya berjodoh,” tutur Ridwan Kamil.

Kubah Masjid Al Jabbar, Emil menjelaskan, sengaja dibuat tanpa kolom agar tampak megah dan menimbulkan kesan “kecil” pada jemaah yang beribadah di masjid tersebut.

“Masjid Al Jabbar dikonsepkan agar ada pintu atau tempat untuk 27 kota kabupaten (di Jabar). Jadi kalau di zoom (ornamennya) membentuk batik (tiap daerah) yang berbeda, sehingga 27 wilayah ini terwakili ke-Jawa Barat-an-nya,” ujar Kang Emil.

2. Daya Tarik

Masjid Agung Al Jabbar Bandung akan menjadi destinasi wisata religi baru di kota Bandung dan Jawa Barat. Masjid ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan, ruang belajar, ruang seminar, hingga tempat pelatihan oleh pemerintah kota Bandung.

Menariknya, Masjid Agung Al Jabbar merupakan salah satu masjid yang menerapkan konsep tempat ibadah dan juga tempat belajar di Indonesia.

3. Memiliki 99 Menara

Bangunan Masjid Al-Jabbar berbentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter. Masjid ini dibangun dengan empat tower, yang tiga diantaranya setinggi 33 meter. Angka 33 menggambarkan wirid tasbih 33, hamdalah 33, dan takbir 33. Total 33 menara dikali 3 adalah 99 yang merupakan angka Asmaul Husna.

4. Bisa Menampung 33.000 Jamaah

Kapasitas Masjid Al-Jabbar bisa menampung 33.000 orang dengan berbagai fasilitas di antaranya plaza, selasar, ruang salat mezaninen, dan ruang salat utama. Bahkan, ada beberapa fasilitas di masjid ini yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

5. Proyek Ratusan Miliar

Berlokasi di kawasan Gedebage, Bandung, Provinsi Jawa Barat, proyek pembangunan masjid sempat tertunda kurang lebih 1,5 tahun akibat pandemi COVID-19 dengan kontraktor sebelumnya itu dilanjutkan kembali sesuai arahan Pemprov Jabar. Hutama Karya dan Adhi Karya tahun 2021 kemarin diketahui melanjutkan pembangunan proyek Masjid Raya Al-Jabbar dengan nilai cukup fantastis yaitu Rp496 miliar.

6. Terlihat Terapung di Atas Air

Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 21 hektar ini juga dikenal sebagai Masjid Terapung Gedebage. Dari kejauhan, Masjid Al Jabbar terlihat mengapung di atas air karena berdiri di tengah danau.

Danau buatan tersebut juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan air baku di Kota Bandung yang setara 15 meter kubik per detik.

Nah, itulah sejumlah fakta terkait Masjid Raya Al-Jabar yang dijadikan sebagai lokasi wisata religi terbaru di Jawa Barat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru