Frugal Living, Cara Hidup Hemat Untuk Bebas Finansial

Wiwin Indriani 0 Komentar

Frugal living menjadi salah satu pilihan gaya hidup yang dinilai tepat untuk berhemat. Berikut arti dan cara menerapkan frugal living

INDIFFS.COM – Frugal living menjadi salah satu pilihan gaya hidup yang dinilai tepat untuk berhemat. Gaya hidup ini bukan tentang menjadi pelit, tetapi maknanya jauh lebih dalam. Frugal living yaitu tentang pembelanjaan yang cerdas dan konsumsi yang bertanggung jawab.

Arti Frugal Living

Frugal living dapat diartikan sebagai kondisi dimana seseorang sadar akan pengeluaran dan fokus kepada beberapa prioritas keuangan. Gaya hidup ini bukan berarti hidup kekurangan dan membeli produk murah berkualitas rendah. Tetapi dengan menerapkan gaya hidup ini, seseorang tetap bisa membeli sesuatu yang berkualitas namun membelanjakan nya dengan bijak dan cerdas. Jadi, frugal living adalah kebutuhan untuk memprioritaskan hal-hal yang memang sangat dibutuhkan dan menghemat uang untuk pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan atau tidak penting.

Frugal living bisa diterapkan apabila Anda membutuhkan dana darurat seperti membayar utang, melunasi kredit, dsb. Dengan menjadikan gaya hidup ini sebagai kebiasaan juga dapat membantu Anda meraih impian yang mungkin terlihat sulit seperti membeli rumah, jalan-jalan ke luar negeri, bahkan pensiun dini.

Cara Menerapkan Frugal Living

Apabila Anda ingin menerapkan frugal living, Anda dapat mencoba hal-hal berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Buat Anggaran

Hal yang pertama untuk memulai frugal living yaitu tinjau anggaran dan sesuaikan kategorinya. Potong biaya jika memungkinkan. Ini adalah langkah utama untuk memahami anggaran Anda dan menemukan peluang untuk menyesuaikan pengeluaran Anda.

2 Hemat Saat Berbelanja

Ada banyak cara untuk menghemat uang saat berbelanja. Misalnya, menggunakan kupon, gunakan cashback, menggunakan program loyalitas dan lain sebagainya.

3. Hanya Membeli yang Dibutuhkan

Beli barang hanya apa yang Anda butuhkan dan mampu. Tentunya akan sangat tergoda untuk memiliki mobil baru, rumah yang lebih besar, serta pakaian mewah. Akan sangat bagus jika Anda mampu membelinya. Tetapi jika tidak, maka belilah barang-barang yang memang mampu untuk dibeli. Jangan sampai membayarnya hingga membuat Anda stres.

4. Fokus Keuangan Masa Depan

Orang boros kerap khawatir tentang keuangan mereka untuk 10 sampai 20 hari ke depan. Sementara, orang frugal cenderung berpikir lebih panjang. Orang frugal selalu berpikir jangka panjang tentang keuangan mereka ketimbang hidup dari gaji ke gaji. Alhasil, mereka cenderung mencari proteksi masa depan yang bisa memberikan mereka rasa aman. Salah satunya adalah Asuransi kesehatan.

5. Menabung

Buatlah menabung jadi hal yang menyenangkan. Bagi orang frugal, menabung bukan lah beban. Oleh sebab itu, mereka berupaya menemukan cara menyenangkan untuk bisa memotong pengeluaran dan mengalokasikan nya ke dalam tabungan.

6. Investasi

Anda dapat menginvestasikan uang di rekening pensiun dan memilih reksa dana yang akan tumbuh seiring waktu. Berinvestasi berarti mengambil risiko bahwa nilai uang yang Anda miliki mungkin turun, tetapi pada akhirnya Anda akan menghasilkan lebih banyak.

7. Meal Prepation

Meal prepation atau perencanaan makan dapat menghemat uang untuk makanan sekaligus menghilangkan pemborosan. Agar perencanaan makan bisa efektif, buka lemari es, freezer, dapur Anda dan lihat apa yang Anda miliki. Cobalah untuk merencanakan makanan dengan apa yang sudah dimiliki daripada membeli semua bahan dalam satu waktu.

8. Jangan Terpengaruh oleh Tren

Terus menerus mengikuti perkembangan fashion, gadget, mobil, atau benda-benda lain adalah sesuatu hal yang sangat dihindari dalam konsep frugal living. Tren adalah strategi marketing untuk meningkatkan permintaan konsumen. Menghindari siklus konsumerisme atau menjadi gaya hidup masyarakat modern dan tidak melakukan impulsif buying adalah perilaku yang harus dijaga dalam gaya hidup ini. Berhentilah memikirkan ekspetasi orang lain atas diri kita.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru