Fungsi Fitur WhatsApp Komunitas, Begini Cara Penggunaannya!

Dini NHaH 0 Komentar

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur terbaru dengan nama Komunitas. Fitur ini mampu menyatukan berbagai grup WA berbeda dalam satu wadah.

INDIFFS.COM – Setiap beberapa bulan sekali, aplikasi chatting WhatsApp (WA) selalu merilis beberapa fitur baru untuk memudahkan sekaligus memanjakan para pengguna setianya. Salah satu fitur yang belum lama ini dirilis WhatsApp di dalam aplikasinya adalah fitur Tab Community atau Tab Komunitas.

Fitur yang diberi nama Komunitas itu merupakan wadah bagi pengguna dengan ketertarikan yang sama untuk bisa saling terhubung. Sehingga cocok untuk berbagai kelompok, dari sekolah, perumahan, apartemen, kantor dan sebagainya.

Esther menggambarkan Komunitas layaknya sebuah majalah dinding di sekolah. Fitur dapat dimanfaatkan sebagai tempat mengumumkan atau menyebarkan informasi tertentu satu pintu dari kelompok atau komunitas tertentu.

Fitur baru WhatsApp memudahkan pengguna, dalam hal ini admin menyebarkan pesan ke grup-grup yang tergabung dalam komunitas. Admin cukup menuliskannya di Grup Pengumuman untuk menyampaikan pesan kepada anggota komunitas. Mereka yang mendapatkan update pesan kemudian dapat mendiskusikannya dalam grup masing-masing.

Cara Menggunakan Communities di WhatsApp

Fitur telah tersedia secara bertahap untuk semua pengguna WhatsApp secara global. Kemungkinan pengguna Indonesia sudah bisa menggunakannya dalam beberapa minggu ke depan.

Berikut ini adalah cara membuat WhatsApp Komunitas:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  2. Klik ikon obrolan di sudut kanan bawah kiri.
  3. Pilih new community dan pilih opsi ‘memulai’.
  4. Isi nama komunitas (maksimal 24 karakter), deskripsi, dan gambar jika diperlukan. Kemudian klik panah kecil di sudut kanan bawah.
  5. Tekan Add existing groups yang ada untuk menambahkan grup yang relevan ke komunitas.
  6. Pilih grup yang ingin kamu tambahkan dari daftar dan klik panah kecil di sudut kanan bawah.
  7. Klik tanda centang di pojok kanan bawah untuk membuat komunitas.

Kalian bisa menambahkan maksimum 50 grup dalam komunitas, selain grup pengumuman. Kalian juga bisa menambahkan maksimum 5.000 anggota ke grup pengumuman komunitas.

Grup pengumuman otomatis terbentuk ketika komunitas dibuat. Hanya admin yang dapat menuliskan pesan di grup pengumuman. Pesan yang tertulis di grup itu akan tersebar ke anggota yang tergabung dalam komunitas.

Siapa saja dapat secara otomatis ditambahkan ke grup pengumuman ketika mereka bergabung ke komunitas. Dengan catatan, mereka mengatur WhatsApp-nya dengan “mengizinkan siapapun menambahkan ke grup”.

Nah itulah informasi mengenai fitur baru dari WhatsApp yakni Komunitas yang dapat menggabungkan beberapa grup serta cara menggunakannya. Selamat mencoba ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru