Ga Kalah Keren! Ini 7 Gedung Tertinggi di Indonesia yang Megah

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ini sejumlah gedung tertinggi di Indonesia yang diklaim sebagai gedung pencakar dalam negeri. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

INDIFFS.COM – Mungkin sebagian dari kamu berpendapat bahwa gedung paling tertinggi hanya ada di luar negeri. Namun nyatanya itu kurang tepat, pasalnya terdapat sejumlah gedung di dalam negeri yang diklaim sebagai gedung tertinggi di Indonesia.

Meski ukuran ketinggiannya masih dibawah Gedung Burj Khalifa Dubai, namun gedung-gedung ini kerap disebut sebagai gedung pencakar langit Indonesia. Bahkan, gedung pencakar langit inilah yang kerap dijadikan sebagai simbol atau ikon di suatu wilayah.

Gedung Tertinggi di Indonesia

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sederet gedung paling tinggi di Indonesia di sepanjang tahun 2022.

1. Autograph Tower, 382.9 m

Autograph Tower

Autograph Tower – Asia Today.id

Berada di kompleks bangunan Thamrin Nine, Jakarta Pusat. Bangunan ini memiliki ketinggian mencapai 382,9 m di dekat monumen Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Di dalam gedung ini juga terdapat beberapa fasilitas yang terbilang cukup lengkap. Mulai dari perkantoran, perhotelan, hiburan, hingga fasilitas olahraga.

Selain itu, gedung ini ternyata dibangun oleh PT. Putra Gaya Wahana, yang merupakan salah satu pengembang properti ini menggaet Kohn Pedersen Fox (KPF). Yang mana, KPF ini adalah Firma arsitektur yang terkenal dan ahli, terutama dalam pembangunan gedung-gedung pencakar langit di Dunia.

2. Luminary Tower, 292 m

Luminary Tower

Luminary Tower – Republika

Gedung Luminary Tower sendiri merupakan gedung pencakar langit tertinggi kedua dalam komplek pengembangan Thamrin Nine, menyusul Autograph Tower yang telah tutup atap di bulan November tahun 2020 lalu. Gedung yang ketinggiannya mencapai 292 m ini nantinya akan digunakan sebagai perumahan, hotel dan perkantoran.

3. Gama Tower, 285.5 m

Gama Tower

Gama Tower – Godd News From Indonesia

Berada di Kuningan, Jakarta Selatan. Tepatnya di l. H. R. Rasuna Said No.2, Karet Kuningan, Setiabudi Gama Tower menjadi salah satu Gedung paling tinggi di Indonesia. Bagaimana tidak ketinggian gedung ini mencapai 285.5 m dan memiliki 69 lantai.

Selain itu, Gama Tower saat ini difungsikan sebagai gedung perkantoran dan Hotel. Tak hanya itu, menurut informasi yang didapat bangunan ini akan gunakan sebagai kantor yang menerapkan konsep bangunan hijau.

4. Treasury Tower, 279.5 m

Treasury Tower

Treasury Tower

Berada di kompleks bangunan SCBD, Jakarta Selatan, Treasury Tower merupakan salah satu gedung tertinggi di Indonesia. Tak hanya itu, bangunan ini merupakan rangkaian dari empat bagian, yakni dengan tiga gedung perkantoran dan hotel. Adapun saat ini setidaknya ada 61 lantai yang digunakan.

5. Jakarta Office Tower, 266 m

Gedung Tertinggi Jakarta Office Tower

Jakarta Office Tower

Merupakan karya pertama Mori Building di Asia Tenggara, dan telah diresmikan pada tahun 2021. Kini, Jakarta Office Tower akan menjadi landmark baru di Jakarta.

Bangunan yang memiliki ketinggian mencapai 266 m dengan 59 lantai, memiliki luas 190.000 m persegi. Yang mana, bangunan ini berfungsi untuk perkantoran, restoran dan kafe.

6. Wisma 46, 262 meter

Wisma 46

Wisma 46 – Wisma

Urutan selanjutnya yang termasuk kedalam gedung paling tinggi di Indonesia ialah Wisma 46. Dikembangkan oleh PT Swadharma Primautama, bangunan ini memiliki ketinggian mencapai 262 meter. Selain itu, bangunan ini memiliki luas sekitar 15 hektar dan pernah memecahkan rekor sebagai gedung tertinggi, sebelum dikalahkan oleh Gama Tower dan Thamrin Nine.

7. Sahid Sudirman Center, 261 m

Gedung Tertinggi Sahid Sudirman Center

Sahid Sudirman Center

Memiliki ketinggian mencapai 261 meter, bangunan ini disebut sebagai gedung pencakar langit di Indonesia. Dimiliki oleh pengusaha hotel, Sukamdani Sahid Gitosarjono, bangunan ini berdiri di lahar seluas hampir 10.000 meter.

Selain itu, dengan total 59 lantai, bangunan ini bakal di fungsikan sebagai gedung perkantoran. Tak hanya lokasinya yang strategis, bangunan ini juga dikelilingi oleh beberapa pusat perbelanjaan, hotel, apartemen dan perkantoran.

Nah, itulah sejumlah gedung yang ada di Indonesia yang disebut sebagai gedung tertinggi atau pencakar langit dalam negeri.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru