Gak Tega! 9 Foto Terlarang di Korea Utara Ini Bocor ke Internet

Admin 0 Komentar

Eric Lafforgue, fotografer Perancis yang beruntung bisa masuk ke Korea Utara. Foto terlarang di Korea Utara pun kini tersebar di internet.

INDIFFS.COM – Eric Lafforgue, seorang fotografer asal Perancis yang beruntung bisa masuk ke Korea Utara. Sejak 2008, ia sudah pergi sebanyak delapan kali. Di negara tersebut, Eric merasa dibatasi dalam hal memotret. Foto terlarang di Korea Utara pun kini tersebar di internet.

Negara paling tertutup di dunia ini memang terkenal dengan peraturan ketat, bahkan tak masuk akal. Salah satunya membatasi pergerakan Eric dalam memotret. Banyak tempat atau momen yang sebenarnya dilarang untuk difoto.

Sering kali, Eric disuruh menghapus foto yang telah dia ambil karena dianggap menyalahi aturan. Beruntung, ia menggunakan memori digital, sehingga foto aslinya masih tersimpan. Ia kemudian membagikan kisahnya lewat situs miliknya dan mengunggah foto “ilegal” tersebut ke sana.

Foto Terlarang Korea Utara

Melansir dari berbagai sumber, berikut foto terlarang Korea Utara yang bocor di internet:

1. Sedikitnya Kendaraan Mobil di Jalan Raya

Sedikitnya Kendaraan Mobil di Jalan Raya

Sedikitnya Kendaraan Mobil di Jalan Raya – ericlafforgue.com

Tidak seperti di Indonesia, di korea Utara jumlah kendaraan sangat sedikit. Itu dikarenakan mobil hanya diperuntukan bagi anggota dewan dan kalangan elite semata. Bisa dibayangkan, seberapa kosong jalan raya saat jam sibuk.

2. Foto Kesenjangan Sosial

Foto Kesenjangan Sosial

Foto Kesenjangan Sosial – ericlafforgue.com

Potret di atas merupakan potret anak-anak miskin di Korea Utara yang untuk pertama kalinya melihat sebuah eskalator. Tampak dalam potret ini, anak-anak tersebut seolah-olah masih takut untuk mencoba menaiki eskalator, yang dihadirkan secara visual lewat karya foto yang diambil oleh Eric.

3. Kemiskinan dan Malnutrisi dilarang di Korea Utara

Foto Terlarang di Korea Utara

Kemiskinan dan Malnutrisi dilarang di Korea Utara – ericlafforgue.com

Gambar ini tak diizinkan beredar, karena menurut pemandu di Korea Utara, foto ini menunjukkan kemiskinan. Itu akan memberikan kesan kalau pemerintahan mereka kejam, meski memang begitu kenyataannya.

4. Memotret Gambar Patung Kim Joung Un dari Belakang Dilarang

patung Kim Jong Un

Patung Kim Jong Un – ericlafforgue.com

Kim Jong Un adalah pemimpin Korea Utara yang harus dihargai dan sangat dipuja-puja. Peraturan terlarang untuk mengambil foto patung Kim sendiri adalah tidak boleh memotret dari belakang karena dianggap kasar.

5. Seorang Pria Tua Menggunakan Ban Bekas sebagai pengganti Kapal untuk Mencari Ikan

Pria Tua Menggunakan Ban Bekas sebagai pengganti Kapal

Pria Tua Menggunakan Ban Bekas sebagai pengganti Kapal – ericlafforgue.com

Jika di negara maju, pemandangan seperti ini hampir tidak kita temukan. Namun, mereka di sana tak punya pilihan lain,, seperti menyewa kapal karena dilanda kemiskiann. Lagi-lagi semua yang berhubungan dengan kemiskinan tak boleh diekspos.

6. Interior Rumah Pedesaan

Foto Terlarang di Korea Utara

Interior Rumah Pedesaan – ericlafforgue.com

Eric juga berkesempatan mendatangi rumah warga di pedesaan. Rumah dan penghuni di sini adalah mereka yang sudah diseleksi pemerintah. Seperti yang terlihat, untuk kebutuhan air saja, mereka masih menggunakan pompa manual.

7. Warga yang Dipaksa Hadir dalam Festival

Foto Terlarang Korea Utara

Warga yang Dipaksa Hadir dalam Festival – ericlafforgue.com

Ribuan warga Korea Utara ini diwajibkan hadir dalam Kimjongilia Festival untuk mendatangi beberapa monumen kenegaraan. Biasanya, festival identik dengan keramaian dan suasana yang berbahagia. Sepertinya hal tersebut tidak berlaku di sini.

8. Kendaraan Mogok

Foto Terlarang di Korea Utara

Kendaraan Mogok – ericlafforgue.com

Kata Eric, kamu akan sering menemui hal seperti ini di Korea Utara. Namun, memotret sesuatu yang rusak (termasuk kendaraan mogok) adalah ilegal. Alasannya, hal ini bisa membuat negara terlihat miskin dan negatif. Padahal, warga di sana selalu diberitahu kalau negara mereka adalah yang terkuat di dunia, dan semua tunduk kepada pemimpinnya.

9. Tentara di Waktu Luang

Tentara Korea Utara

Tentara Korea Utara di Waktu Luang – ericlafforgue.com

Kumpulan para tentara di waktu luang. Bahkan saat hari libur pun, para tentara harus memakai seragam. Hal serupa juga berlaku bagi anak sekolah. Kemanapun mereka pergi, seragam tetap wajib dipakai.

Demikian foto kehidupan terlarang Korea Utara. Akibat beredar nya foto-foto ini di internet, pemerintah Korea Utara melarang Lafforgue untuk pergi ke negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un itu lagi. Bagaimana tanggapanmu?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru