Gampang! Begini Cara untuk Mengatasi WhatsApp Keluar Sendiri

Admin 0 Komentar

Cara mengatasi WhatsApp keluar sendiri ini tidak harus langsung di bawa ke service center, karena kamu bisa lakukannya dengan mudah.

INDIFFS.COM – Pengguna Android mungkin pernah mengalami masalah saat menjalankan aplikasi di HP. Salah satunya seperti mengatasi aplikasi WhatsApp yang tiba-tiba keluar sendiri atau force close.

Cara mengatasi aplikasi WhatsApp keluar sendiri ini tidak harus langsung di bawa ke service center. Pasalnya, masalah tersebut masih bisa kamu tangani sendiri dengan mudah.

WhatsApp menjadi sangat populer berkat fitur yang unik dan cara penggunaannya yang mudah dan simple. Hanya dengan Nomor telepon saja, pengguna Android bisa mendaftar di WhatsApp, tidak perlu menggunakan email Gmail ataupun Yahoo.

Namun terkadang ada kendala dengan aplikasi WhatsApp. Walaupun jarang terjadi, namun ada beberapa pengguna yang mengeluhkan mengenai Aplikasi WhatsApp muncul Pesan Error bertuliskan “Sayangnya WhatsApp Telah Berhenti”. Dari pesan pop up yang muncul tersebut artinya Aplikasi WhatsApp melakukan force close secara tiba-tiba atau dengan kata lain (Menutup Dengan Sendirinya).

Malah ini bisa terjadi pada semua tipe perangkat android mulai dari Samsung Galaxy, Xiomi, Oppo, Asus Zenfone, Smartfreen Andromax, Lenovo, Vivo, LG, Evercross, Advan, Sony Experia, dan perangkat android lainnya. Penyebab utama permasalahan ini umumnya karena penumpukan sampah pada memori internal dan ekternal yang berlebihan dan secara tidak langsung membuat Aplikasi WhatsApp serasa berat dan lemot yang akhirnya WhatsApp muncul pesan error seperti diatas.

Cara Mengatasi WhatsApp Keluar Sendiri

Berikut cara mengatasi aplikasi WhatsApp yang sering keluar sendiri, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber (2/3/2023):

1. Restart Ponsel Android

Terkadang penyebab aplikasi WhatsApp keluar sendiri karena ponsel Android mengalami error. Oleh karena itu, untuk menghilangkan masalah sistem yang error di ponsel Android, maka kamu bisa restart ponsel terlebih dahulu. Biasanya setelah berhasil melakukan restart ponsel, masalah aplikasi yang keluar sendiri tersebut akan hilang.

2. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Jika aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan mengalami error atau kesalahan seperti WhatsApp sering keluar sendiri. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.

Biasanya dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, bug-bug yang ada diaplikasi sudah di perbaiki oleh developer, sehingga aplikasi WhatsApp tidak akan keluar sendiri.

3. Hapus Data dan Cache

Sebuah aplikasi yang terinstall di HP pasti memiliki file data dan cache yang tersimpan dimemori HP kamu. Semakin sering sebuah aplikasi digunakan, maka data dan cache aplikasi akan semakin banyak dan mengakibatkan sebuah aplikasi menjadi berat.

Oleh karena itu, untuk memastikan aplikasi whatsapp yang terinstall di HP kamu berjalan dengan normal. Kamu harus membersihkan data dan cache aplikasi secara berkala agar tidak menumpuk di memori HP kamu.

4. Paksa Berhenti Aplikasi WhatsApp

Kamu tidak perlu panik apabila aplikasi WhatsApp sering keluar sendiri di ponsel. Karena masalah ini bukan suatu hal yang jarang terjadi. Sudah banyak pengguna yang mengalami permasalahan ini di ponsel. Jika kamu mengalami masalah aplikasi WhatsApp yang sering keluar sendiri, maka kamu bisa melakukan paksa berhenti aplikasi tersebut. Caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi nya dan Paksa Berhenti.

5. Hapus dan Install Ulang

Nah cara terakhir ini memang sangat di sarankan. Karena banyak pengguna android yang berhasil mengatasi aplikasi keluar sendiri dengan cara ini. Kamu hanya perlu menghapus/un-install aplikasi tersebut terlebih dahulu. Setelah itu kamu install kembali aplikasi nya dari google play store. Maka sekarang kamu sudah bisa menjalankan aplikasi WhatsApp tanpa masalah keluar dengan sendirinya.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara mengatasi aplikasi WhatsApp sering keluar sendiri, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru