Gempa Terkini di Seram Maluku Tengah dengan Magnitudo 5,2 SR

Dini NHaH 0 Komentar

Gempa bermagnitudo (M) 5,2 melanda Seram Timur, Maluku. Gempa tersebut berkekuatan besar berpusat di laut, namun tidak berpotensi tsunami.

INDIFFS.COM – Gempa bermagnitudo (M) 5,2 melanda Seram Timur, Maluku. Gempa ini termasuk gempa berkekuatan besar yang berpusat di wilayah laut, namun tidak berpotensi tsunami.

Setelah guncangan gempa Cianjur di Indonesia bagian barat, gempa Maluku melanda Indonesia bagian timur. Cianjur mengalami lebih dari 100 kali guncangan gempa susulan. Diharapkan gempa di Seram, Maluku Tengah tidak terjadi kembali.

Informasi gempa terkini yang mengguncang wilayah Maluku Utara disampaikan oleh BMKG melalui akun Twitter resmi @InfoBMKG. Gempa tersebut terjadi pada Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 05.26 WIB atau 07.20 WIT waktu Maluku.

Lokasi gempa terjadi di wilayah Maluku Utara, dengan koordinat 2,83 Lintang Selatan (LS) – 129.84 Bujur Timur (BT). Pusat gempa bumi di Maluku ini berada di 32 km timur Labuha, Maluku Utara. Tepatnya 16 km utara Kobisonta dengan kedalaman 10 km di laut dan disinyalir tidak berpotensi tsunami.

Meskipun BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (after shock). BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada. Warga juga diharapkan untuk tidak panik dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tutupnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru