Ginseng, Obat Herbal yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut beberapa manfaat ginseng yang sering dijadikan sebagai obat tradisional dan mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta virus

INDIFFS.COM – Ginseng merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai obat herbal. Ginseng ini banyak ditemukan di Negara Asia, seperti Indonesia, Korea, Jepang dan Tiongkok. Tak hanya itu, tanaman yang satu ini kaya akan manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Tanaman ini juga sering dijuluki sebagai si akar unik yang menyehatkan.

Kandungan Ginseng

Dipercaya menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang melimpah. Di dalam 100 gram (g) teh ginseng, terkandung:

  • Energi: 127 kilojoule (kJ)
  • Air: 92,65 g
  • Lemak: 0,18 g
  • Karbohidrat: 7,16 g
  • Gula: 6,87 g
  • Sukrosa: 0,49 g
  • Glukosa: 2,79 g
  • Fruktosa: 3,59 g
  • Kalsium: 3 miligram (mg)
  • Besi: 0,2 mg
  • Magnesium: 1 mg
  • Kalium: 5 mg
  • Sodium: 2 mg
  • Zinc: 0,01 mg
  • Mangan 0,12 mg

Manfaat Ginseng

Berikut beberapa khasiat yang terdapat di dalam tanaman herbal ini:

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan antioksida alami di dalamnya mampu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang dapat mengganggu proses kerja otak. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak seperti memori dan suasana hati. Terutama pada orang yang memiliki penyakit Alzheimer atau jenis demensia lainnya.

2. Meningkatkan Disfungsi Ereksi

Kandungan senyawa di dalamnya dapat melindungi terhadap stres oksidatif di pembuluh darah dan jaringan di penis dan membantu mengembalikan fungsi normal. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat menjadi alternatif yang berguna untuk pengobatan disfungsi ereksi.

3. Mencegah Peradangan

Manfaat Ginseng selanjutnya ialah mampu mencegah peradangan, karena kandungan ginsenosides yang diketahui memiliki efek anti radang. Dan dimana efek ini menjadikan ginseng baik dikonsumsi untuk mengurangi peradangan dan keluhan tertentu akibat peradangan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tanaman herbal ini bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, beberapa penelitian menemukan efeknya pada sistem kekebalan, khususnya pada pengidap kanker yang menjalani operasi atau perawatan kemoterapi.

Peneliti menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng ini dapat memiliki peluang 35% lebih tinggi untuk hidup bebas dari penyakit dan tingkat kelangsungan hidup hingga 38%.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat selanjutnya yang terkandung di dalam tanaman herbal ini ialah, mampu menurunkan risiko kanker. Kandungan senyawa Ginsenosides di dalamnya dapat mencegah produksi dan pertumbuhan sel abnormal, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker

6. Meningkatkan Energi

Mengonsumsi makanan herbal yang satu ini secara rutin, mampu menambah energi bagi tubuh. Kandungan di dalamnya mampu memproduksi energi yang lebih tinggi dalam sel, sehingga membantu melawan kelelahan. 

Tak hanya itu, peneliti mengatakan bahwa suplemen ginseng ini tidak hanya membantu mengurangi kelelahan tetapi juga meningkatkan aktivitas fisik.

7. Menurunkan Gula Darah

Ginseng ini sangat baik di konsumsi bagi pengidap diabetes, karena kandungan di dalamnya yang mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Peneliti juga menunjukan bahwa ekstrak ginseng di dalamnya yang mampu memberikan perlindungan antioksidan yang mengurangi radikal bebas dalam sel penderita diabetes .

8. Mencegah Flu dan Batuk

Kandungan ginseng di dalamnya yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit dan virus penyakit. Tak hanya itu obat herbal ini juga mampu mendukung mempercepat pemulihan tubuh pada saat flu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru