Growth Mindset: Pengertian Dan Cara Mengembangkan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Mungkin kamu pernah mendengar tentang Growth Mindset, berikut akan kami jelaskan pengertian dan cara mengembangkannya.

Indiffs – Mungkin kamu pernah mendengar tentang “Growth mindset” dalam diskusi tentang psikologi populer dan tren sosial. kamu mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya Growth mindset itu? Dan dapatkah itu benar-benar membantumu untuk sukses?

Pengertian Growth Mindset

Growth mindset diartikan sebagai pola pikir seseorang yang memahami bahwa kemampuan atau bakat yang dimilikinya sejak kecil. berkembang disini berarti kamu berkembang dalam tantangan, dan tidak melihat kegagalan sebagai cara untuk menggambarkan diri kamu sendiri, tetapi sebagai batu loncatan untuk pertumbuhan dan pengembangan kemampuanmu. Kecerdasan dan bakat semuanya rentan terhadap pertumbuhan.

Dr. Carol Dweck dari Universitas Stanford pertama kali berbicara tentang kekuatan pola pikir hampir 30 tahun yang lalu. Carol Dweck dan timnya menjadi tertarik dengan sikap siswa saat menghadapi kegagalan.
Setelah mempelajari perilaku siswa dan anak, muncul istilah “growth mindset”. Sederhananya, pola pikir ini berarti bahwa percaya pada kemampuan kamu untuk menjadi lebih baik melalui kerja keras, dan bantuan dari orang lain.

Menurut Dweck, “Pola pikir berkembang ini didasarkan pada keyakinan bahwa kualitas dasar adalah hal-hal yang dapat kamu kembangkan melalui upaya. Meskipun orang mungkin berbeda dalam segala hal dalam bakat dan bakat, minat, atau temperamen awal mereka, setiap orang dapat berubah dan tumbuh melalui penerapan dan pengalaman.”

Oleh karena itu, orang-orang yang memiliki pola pikir seperti ini dapat memiliki kesempatan yang besar untuk meraih kesuksesan.

Cara Mengembangkan Growth Mindset:

1. Fokus Terhadap Proses

Kebanyakan orang hanya terpaku pada hasil akhir yaitu kesuksesan tanpa memikirkan proses yang harus dilalui. Mereka hanya mencari cara tercepat agar bisa segera mendapatkan kesuksesan saja. Padahal untuk mencapai tujuan itu diperlukan proses yang cukup panjang. Orang yang memiliki growth mindset akan lebih fokus terhadap pengembangan diri demi mencapai kesuksesan. Mereka beranggapan bahwa dari proses tersebut akan ada banyak pelajaran yang bisa diambil. Meskipun harus menghadapi kegagalan, mereka akan tetap menikmatinya karena tahu bahwa hal itu adalah bagian dari proses menuju puncak karier yang diinginkan.

2. Berani Mengambil Resiko

Salah satu hal yang dapat membuat orang mudah menyerah adalah ketakutan membuat kesalahan. Jika kamu pernah mengalami ini, kamu tidaklah sendirian. Namun, kamu perlu menyadari bahwa tanpa berbuat kesalahan, kamu tidak dapat mendapatkan pelajaran untuk berkembang. Oleh karena itu, kamu perlu beranikan diri untuk mengambil resiko karena dengan begitu kamu tahu hal apa yang perlu kamu kembangkan di dalam diri.

3. Gagal Bukanlah Akhir

Jika kamu merasakan berbagai emosi seperti marah, kecewa, atau sedih ketika mengalami kegagalan, itu adalah hal yang wajar. Namun, bagi pemilik growth mindset, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kamu boleh merasakan emosi-emosi tersebut, tapi jangan lupa untuk bangkit lagi dan berusaha lagi. Saat kamu menyadari bahwa kegagalan hanyalah cara baru untuk belajar, kamu akan berhenti merasa takut akan hal itu. Dengan menganggap kegagalan sebagai kesempatan untuk terus belajar dan berkembang, kamu akan berada di jalan untuk memahami apa sebenarnya growth mindset itu.

4. Menerima Kritikan

Menerima kritik memang bukanlah hal yang mudah dilakukan meski kritikan tersebut bersifat membangun. Jika masih sering baper saat mendapatkan kritikan, maka belum bisa dikatakan bahwa kamu sudah memiliki growth mindset. Mengembangkan growth mindset bisa dilakukan dengan cara mulai membiasakan diri menerima saat mendapat kritikan dan jadilah lebih baik.

5. Menerima Ketidaksempurnaan

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan growth mindset adalah dengan menerima ketidaksempurnaan, terutama dalam diri sendiri. Dengan menyadarinya, kamu bisa mengenal dirimu lebih baik lagi. Sehingga, kamu jadi tahu apa langkah yang bisa diambil untuk bisa berkembang dan sukses. Tidak hanya itu, dengan menerima ketidaksempurnaan diri, kamu juga bisa lebih mencintai dirimu sendiri.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru