Gunung Raung Erupsi! Inilah Sederet Fakta Gunung Raung

Hani Hnsa 0 Komentar

Gunung Raung meletus! Inilah sederet fakta nya: Fakta Gunung Raung yang pertama yaitu memiliki jalur shirotal mustaqim.

IndiffsFakta Gunung Raung – Gunung Raung meletus pada Rabu 27 Juli 2022 selama sembilan menit. Yakni sejak pukul 17.19 WIB hingga 17.28 WIB. Letusan Gunung raung menyemburkan abu setinggi 1.500 meter dan terdengar empat kali letusan.

Raung sendiri sepanjang sejarah nya memang telah meletus beberapa kali. letusan Gunung Raung diabadikan oleh sejarah terjadi pada tahun 1586, 1593, 1597, 1638, 1730, kemudian berlanjut beberapa kali setelah itu.

Terakhir terjadi di tahun 2015, tepatnya 4 Juli 2015, dengan diawali oleh semburan material pijar sejak satu bulan sebelumnya. Status gunung ini tergolong aktif dalam rentang 1928 sampai sekarang. Meski memiliki sejarah letusan yang menakutkan, gunung raung menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Gunung Raung menjadi salah satu gunung ikonik dengan jalur paling ekstrem di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggian 3344 mdpl. Gunung Raung masuk ke dalam kategori gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur, dan gunung ini juga menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki.

Fakta Gunung Raung

1. Jalur Shirotal Mustaqim

Fakta Gunung Raung yang pertama yaitu memiliki jalur shirotal mustaqim. Pada jalur Gunung raung erupsi, tepatnya sepanjang Puncak Bendera hingga sejati terdapat jalan setapak di atas lereng gunung yang mana pada sisi kanan dan kiri adalah jurang. Apabila para pendaki Gunung Raung erupsi salah melangkah, maka nyawa adalah taruhan nya. Inilah fakta di balik istilah shirotal mustaqim.

2. Tidak Ada Sumber Mata Air

Untuk mendaki gunung ini, sebaiknya membawa bekal yang cukup, terutama air. Hal ini dikarenakan sangat sulit menemui sumber mata air selama mendaki Gunung Raung.

3. Memiliki Empat Puncak

Berbeda dengan gunung lainnya, gunung ini rupanya memiliki empat buah titik puncak sekaligus. Yakni Puncak bendera pada ketinggian 3.159 mdpl, Puncak 17 di ketinggian 3.108 mdpl, Puncak tusuk Gigi dengan ketinggian 3.300 mdpl dan serta Puncak Sejati di atas ketinggian 3.344 mdpl.

4. Kaldera Terbesar kedua

Setiap gunung api memiliki kaldera atau kawah sebagai ciri khasnya, begitu pula Gunung Raung erupsi yang ternyata merupakan terbesar pertama di Pulau Jawa. Sedangkan untuk kawasan se-Indonesia, kaldera Gunung Raung erupsi hari ini merupakan terbesar kedua setelah yang ada di Tambora Provinsi Nusa Tenggara Barat.

5. Ada Dua Jalur Pendakian

Jalur pendakian resmi gunung Raung terbagi dua, yaitu jalur Sumber Waringin dan jalur yang lebih populer bernama jalur Kalibaru. Jalur Sumber Waringin dapat kamu tempuh dari basecamp yang berlokasi di desa Sumber Waringin, Wonosari, Bondowoso. Sedangkan jalur Kalibaru dimulai dari dusun Wonorejo, desa Kalibaru Wetan, Kalibaru, Banyuwangi.

6. Berkali-kali Meletus Hebat

Tercatat tahun 1586, 1587, 1597, 1638, lalu pada 1979 saat Gunung Raung erupsi pertama abu vulkanis juga meletus hebat, hingga melanda beberapa daerah dan menelan korban jiwa. Letusan Gunung Raung erupsi tahun 1638 disebutkan letusan disertai banjir besar dan aliran lahar melewati Sungai Klatak dan Stail yang merupakan wilayah Kerajaan Macan Putih.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru