Hari Guru Nasional 2022: Inilah Tema, Logo dan Filosofinya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kemenag meluncurkan logo Hari Guru Nasional 2022 beserta tema dan filosofinya. Yang mana, tema tahun ini ialah Berinovasi Mendidik Generasi.

INDIFFS.COMHari Guru Nasional atau HGN diperingati setiap tanggal 25 November. Yang mana, dengan adanya peringatan ini bertujuan untuk memperingati peran serta jasa para guru di Indonesia.

Penetapannya sendiri tentunya ditentukan berdasarkan sejarah yang panjang. Yang mana tanggal tersebut melalui Keputusan Presiden nomor 78 tahun 1994. Penetapan tersebut tanpa menjadikannya sebagai hari libur.

Tema Hari Guru Nasional 2022

Pada Peringatan HGN ini, Kementerian Agama (Kemenag) mengangkat tema “Berinovasi Mendidik Generasi“. Tentu, dalam penetapan tema tersebut memiliki makna dan nilai yang terkandung.

Kata “berinovasi” mengandung pesan keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi, tercakup juga menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi.

Sementara, kalimat “mendidik generasi” memberi pesan tentang tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan SDM unggul di masa mendatang. Tak hanya memahami dan menguasai pengetahuan, melainkan harus diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika.

Logo Hari Guru Nasional 2022

Dalam rangkaian ini, Kementerian Agama telah merilis logo Peringatan HGN 2022. Logo tersebut merangkum tujuh bentuk dan empat warna. Ketujuh bentuk itu adalah bunga tulip, matahari, pendidik, pena, buku, daun, dan garis zigzag.

Adapun logo nya ialah seperti gambar di bawah ini:

Logo Hari Guru Nasional 2022

Logo Hari Guru Nasional 2022 – Kemenag

Sementara empat warna digunakan adalah emas, hijau, biru, dan crimson. Tentunya, ragam warna pada logo tersebut merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru.

  • Emas : Ceria dan optimis
  • Hijau : Religius dan harmonis
  • Biru : Cerdas dan bijaksana
  • Crimson : Hangat (simpati dan empati).

Filosofi Tema HGN 2022

Terdapat beberapa filosofi dan makna yang terkandung di dalam logo HGN tahun ini. Yang mana, logo ini merangkum tujuh bentuk dan empat warna. Ketujuh bentuk itu adalah bunga tulip, matahari, pendidik, pena, buku, daun, dan garis zigzag.

Melansir dari laman resmi kementrian agama, berikut filosofi yang terkandung.

  • Bunga Tulip: Simbol kasih sayang yang tak terhingga. Ini merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya.
  • Matahari: Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. Al-Ilmu Nuurun (Ilmu adalah cahaya).
  • Pendidik: Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yang secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa). Untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.
  • Pena: Selanjutnya ialah simbol pena. Ini melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan.
  • Buku: Jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi untuk menemukan ide-ide segar. Sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.
  • Daun: Selanjutnya ialah simbol daun. Ini melambangkan kontribusi guru guru madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswa.
  • Garis Zigzag: Simbol selanjutnya yang berada pada logo HGN ini ialah garis zigziag. Menjelaskan bahwa transformasi guru madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat (great teachers).

Demikian beberapa penjelasan seputar makna dan filosofi yang terkandung pada tema dan logo Hari Guru Nasional 2022 tahun ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru