Hari Hewan Sedunia, yang Diperingati Setiap Tanggal 4 Oktober

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Hari Hewan Sedunia diperingati setiap tanggal 4 oktober yang dimana bertujuan untuk menjaga kelestarian dunia menjadi tempat layak bagi hewan.

INDIFFS.COMWorld Animal Day atau Hari Hewan Sedunia, diperingati setiap tanggal 4 oktober. Hari hewan sedunia ini merupakan hari dimana setiap orang di seluruh Dunia merayakan keberadaan binatang, dengan memperjuangkan kesejahteraan dan hak-hak hewan.

Biasanya peringatan hari ini dilakukan agar bisa menjaga kelestarian hewan agar tidak punah. Namun, tak jarang dan banyak di temukan perilaku sebagian orang pada saat ini yang melakukan kejahatan terhadap hewan dan binatang.

Tak hanya itu, peringatan ini juga dilakukan untuk menciptakan Dunia sebagai tempat tinggal yang lebih baik bagi semua makhluk hidup. Degan begitu, semua makhluk bisa hidup layak dan baik serta terjaga kelestarian nya.

Sejarah 4 Oktober Sebagai Hari Hewan Sedunia

Hari binatang sedunia ini dicetuskan pertama kali oleh seorang penulis dan editor majalah asal jerman yaitu Heinrich Zimmermann, yang telah menerbitkan majalah berjudul Mensch und Hund atau Man and Dog.

Dia mempromosikan majalah tersebut untuk dijadikan sebagai bentuk kepedulian serta memperhatikan kesejahteraan hewan-hewan kepada masyarakat umum. Agar Masyarakat mampu menjaga serta melindungi keberadaan hewan.

Sebenarnya hari binatang sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace, Berlin dan menarik perhatian sekitar 5.000 pengunjung untuk menghadiri acara tersebut.

Ide perayaan Hari Hewan ini menarik minat banyak kalangan. Akhirnya, rapat Kongres Organisasi Perlindungan Hewan Sedunia di Florence, Italia mengubah tanggal yang semula 24 Maret menjadi 4 Oktober.

Pemilihan tanggal 4 Oktober sebagai hari hewan sedunia ialah karena pada saat tanggal itu merupakan hari dimana wafat nya Santo Fransiskus dari Assisi.

Mengutip dari situs WorldAnimalDay, Santo Fransiskus adalah seorang pelindung ekologi pertama yang menyatakan bahwa ia mampu berbicara dengan binatang. Itulah mengapa wafat nya Santo Fransiskus dari Assisi ini diperingati sebagai hari hewan sedunia.

Misi Hari Hewan Sedunia

Adapun misi dari peringatan hari ini yang dikutip dari situs WorldAnimalDay, ialah untuk meningkatkan status hewan, dalam rangka meningkatkan standar kesejahteraan di seluruh dunia. Membangun perayaan Hari Hewan Sedunia menyatukan gerakan kesejahteraan binatang, dan pengerahan nya menjadi kekuatan global untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua binatang.

Tentunya tujuan hari binatang sedunia ini adalah untuk mengangkat isu-isu dan memberikan perlindungan pada seluruh spesies binatang di dunia. Melalui peningkatan kesadaran itulah, yang bisa membentuk kita untuk tetap memperhatikan kesejahteraan dunia sebagai tempat tinggal hewan.

Cara Merayakan Hari Hewan Sedunia

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merayakan hari binatang sedunia ini, diantaranya:

  • Mengunjungi taman nasional, suaka margasatwa, atau kawasan lindung. Karena tempat ini menyediakan habitat bagi ratusan spesies yang terancam punah.
  • Menjaga kelestarian lingkungan agar hewan tetap memiliki tempat tinggal.
  • Menyumbang donasi untuk gerakan perlindungan dan kesejahteraan hewan.
  • Mempelajari Ilmu Pengetahuan Tentang Kehidupan Hewan
  • Menjadi sukarelawan dengan kelompok masyarakat atau organisasi untuk membantu kesejahteraan hewan.
  • Mengikuti kegiatan lokakarya, seminar, atau kampanye offline.
  • Turut menyebarkan informasi dan mengkampanyekan Hari binatang Sedunia melalui hashtag #worldanimalday di media sosial.
  • Membentuk suaka marga satwa untuk melindungi hewan yang sudah berada dalam Kepunahan.
  • Tidak mengganggu keberadaan hewan dengan mengusik tempat tinggalnya atau melakukan pembunuhan liar.

Itulah beberapa informasi yang bisa disampaikan mengenai hari hewan sedunia yang di peringati pada tanggal 4 Oktober.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru