Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2022 dengan Tema Medication Safety

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Peringatan hari keselamatan pasien sedunia di peringati setiap tanggal 17 september 2022 yang menyungsung tema Medication Safety.

INDIFFS.COMHari keselamatan pasien Sedunia diperingati pada tanggal 17 September setiap tahun nya. Adapun hal ini diperingati bertujuan untuk meningkatkan solidaritas global dan tindakan bersama oleh semua negara dan mitra internasional demi keselamatan pasien.

Setiap tahunnya hari keselamatan pasien membuat teman yang berbeda, untuk tahun 2022 ini WHO membawa tema ‘Medication Safety’ yang artinya keamanan obat. 

Sejarah Hari Keselamatan Pasien Se-Dunia

Topik keselamatan pasien muncul sebagai akibat dari semakin kompleks nya sistem perawatan kesehatan dan melonjaknya kasus-kasus kerugian pasien yang disebabkan oleh kesalahan dan kepuasan diri. Kasus cedera pasien yang disebabkan oleh kelalaian merupakan salah satu penyebab utama kematian pasien di seluruh dunia.

Adapun hari ini dibuat pada Mei 2019 ketika Majelis Kesehatan Dunia mengadopsi resolusi untuk aksi global tentang keselamatan pasien. Kampanye global ini merupakan gagasan dari rangkaian KTT Tingkat Menteri Global tentang Keselamatan Pasien yang diadakan setiap tahun sejak 2016. Kampanye ini juga melibatkan advokasi dan komitmen yang kuat dari para pemangku kepentingan internasional utama.

Petugas kesehatan dapat meningkatkan keselamatan pasien dengan mengadopsi beberapa praktik yang aman dalam memberikan perawatan. Langkah efektif lainnya adalah dengan melibatkan pasien dan keluarganya secara langsung dalam proses pengambilan keputusan saat memberikan layanan kesehatan. Mereka harus memahami dengan jelas pilihan mereka mengenai pengobatan dan diagnosis.

Tema Hari Keselamatan Pasien 2022

Setelah mengalami Pandemi Covid selama 2 tahun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kali ini mengusung tema Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2022 denga ‘Medication Safety’ dengan slogan ‘Medication Without Harm’. Artinya, mengurangi risiko kesalahan pengobatan dan bahaya terkait pengobatan.

Peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2022

Untuk memperingati hari tersebut, WHO menyelenggarakan serangkaian webinar tentang keamanan pengobatan dan memproduksi sejumlah solusi keamanan obat dan produk teknis pada tahun 2022. Pada dan sekitar 17 September 2022, WHO akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dan menyelenggarakan virtual global peristiwa.

Negara-negara Anggota dan mitra diundang untuk berpartisipasi dalam kampanye global dengan berjanji untuk menerapkan Tantangan Keselamatan Pasien Global WHO diantaranya:

  • Pengobatan Tanpa Bahaya,
  • Mengorganisir kegiatan,
  • Mengadakan acara dan menyalakan monumen ikonik dengan warna oranye untuk mendukung keamanan pengobatan.

Tujuan Hari Keselamatan Pasien 2022

  • MENINGKATKAN kesadaran global akan tingginya beban kerugian terkait pengobatan karena kesalahan pengobatan dan praktik yang tidak aman, dan MENAWARKAN tindakan segera untuk meningkatkan keamanan pengobatan.
  • LIBATKAN pemangku kepentingan dan mitra utama dalam upaya mencegah kesalahan pengobatan dan mengurangi bahaya terkait pengobatan.
  • POWER pasien dan keluarga untuk secara aktif terlibat dalam penggunaan obat yang aman.
  • SCALE UP implementasi tantangan keselamatan pasien secara Global WHO: Obat Tanpa Bahaya. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru