Hari Osteoporosis Sedunia: Sejarah Serta Tema Tahun 2022

Wiwin Indriani 0 Komentar

World Osteoporosis Day (WOD) atau Hari Osteoporosis Sedunia diperingati 20 Oktober setiap tahun. Berikut ini sejarah dan tema tahun 2022

INDIFFS.COMWorld Osteoporosis Day (WOD) atau Hari Osteoporosis Sedunia diperingati 20 Oktober setiap tahun. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global tentang pencegahan kesehatan tulang hingga menghindari risiko osteoporosis maupun komplikasi terkait di masa depan.

Penyakit osteoporosis umumnya berkembang perlahan selama beberapa tahun dan seringkali hanya di diagnosis ketika jatuh atau benturan tiba-tiba yang menyebabkan tulang patah (fraktur). Akibatnya tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga mudah patah bahkan saat jatuh ringan, terbentur, bersin, atau gerakan tiba-tiba.

Fraktur yang disebabkan oleh osteoporosis memiliki dampak yang sangat buruk apabila tidak segera di tangani dengan baik. Seperti, mengancam jiwa dan merupakan penyebab utama rasa sakit dan kecacatan jangka panjang.

Sejarah

Hari Osteoporosis Sedunia pertama kali di peringati pada 20 Oktober 1996 dengan mengusung tema “Love Your Bones, Protect Your Future“. Penyelenggara nya adalah United Kingdom’s National Osteoporosis Society dan didukung oleh Komisi Eropa.

Kemudian mulai tahun 1977 hingga hari ini, Hari Osteoporsis di selenggarakan oleh International Osteoporosis Foundation (IOF). Peringatan ini melibatkan kampanye oleh komunitas pasien osteoporosis dari seluruh dunia dengan melakukan berbagai kegiatan lebih dari 90 negara.

Pada 1998 dan 1999, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai mesponsori peringatan Hari Osteoporosis Sedunia. Dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan osteoporosis dan penyakit tulang metabolik.

Di seluruh dunia, jutaan orang yang berisiko tinggi mengalami patah tulang (fraktur) tetap tidak menyadari penyakit yang mendasari nya. Peringatan ini bermula pada masalah bersama, biaya manusia dan sosial ekonomi yang besar, serta dampak parah dari tulang pada kemandirian pasien, diremehkan.

Kampanye tahunan hari Osteoporosis Sedunia ini adalah kesempatan unik ketika individu dan organisasi di seluruh dunia bersatu untuk menyoroti penyakit dan bebannya. Bersama-sama, masyarakat pasien, profesional perawatan kesehatan, otoritas medis, pembuat kebijakan, dan pasien sendiri semuanya dapat berkontribusi untuk menyerukan perubahan.

Tema

Hari Osteoporosis Sedunia pada tahun 2022 mengusung tema “Step Up For Bone Health“. Tema tahun ini memiliki tujuan untuk mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk memeriksa kepadatan tulang dan status kesehatan tulang secara teratur (terutama orang yang berusia di atas 50 tahun). Serta untuk menanamkan gaya hidup sehat untuk memperkuat kesehatan tulang.

Selain itu, tema “Step Up For Bone Health” juga mengimbau seluruh organisasi kesehatan global dan pembuat kebijakan untuk menciptakan peluang yang lebih baik dan fasilitas yang dapat di akses bagi semua orang, demi memanfaatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat waktu guna mencegah osteoporosis dan komplikasinya.

Nah, itulah sejarah dan tema World Osteoporosis Day atau Hari Osteoporosis Sedunia. Dengan memperingati Hari Osteoporosis Sedunia, mari ikut menjaga kesehatan tulang kita. Sedini mungkin, kita harus mulai sadar dan menjaga kesehatan tulang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru