Hari Seniman Internasional: Sejarah, Fakta dan Cara Merayakan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Tepat pada 25 oktober diperingati sebagai Hari Seniman Internasional, dimana adanya peringatan ini sebagai bentuk penghormatan para seniman

INDIFFS.COM – Hari Seniman Internasional atau International Artist Day diperingati setiap tanggal 25 Oktober setiap tahunnya. Dimana peringatan ini dapat menjadi bentuk penghormatan bagi seseorang yang memiliki jiwa-jiwa kreatif.

Karena pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari, manusia tentu tidak akan lepas dari sebuah seni. Terlebih, seni memang sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia.

Apalagi keberadaan manusia di masa lampau dibuktikan dari adanya peninggalan karya seni, mulai dari lukisan, ukiran, patung, bangunan, hingga musik. Hal tersebut menjadi bukti adanya peninggalan sejarah manusia di masa lampu.

Tentunya adanya seni tersebut tak jauh dari seseorang yang memiliki kreatifitas tinggi, sehingga mampu membuat dan menghasilkan berbagai bentuk seni. Bahkan sejarah mencatat, karya seni pertama yang dibuat oleh umat manusia sudah ada sejak 45.500 tahun yang lalu

Maka dari itu, peringatan ini dibuat agar kita dapat merayakan dunia sebagai seni yang luar biasa dan semua karya luar biasa dan kreatif yang dilakukan oleh seniman di seluruh dunia.

Tak hanya itu, adanya peringatan ini juga tak terlepas dari sejarah awal mulanya. Lantas, bagaimana sejarahnya hingga dapat menjadikan tanggal 25 oktober ini, sebagai peringatan hari seniman?

Sejarah Hari Seniman Internasional

Melansir dari National Day, momen peringatan internasional tersebut dicetuskan oleh seorang seniman asal Kanada, Chris MacClure pada 2004.

MacClure ini diketahui merupakan seorang seniman yang mengkhususkan diri dalam gaya realisme-romantis. Ia juga merupakan salah satu seniman yang paling berpengaruh di Kanada.

Hari Seniman Internasional ia ciptakan untuk membawa pengakuan ke dunia seni. Selain itu, ia juga menginginkan agar Hari Seniman Internasional menjadi momen untuk merayakan seluruh seniman dalam menghidupkan pandangan khusus terhadap seni dari perspektif mereka masing-masing.

Tanggal 25 Oktober dipilih sebagai Hari Seniman Internasional karena bertepatan dengan tanggal lahir seniman paling terkenal di dunia, Pablo Picasso. Seniman kelahiran 1881 asal Spanyol itu dianggap merevolusi dunia seni di abad ke-20.

Salah satu kontribusi nya pada bidang seni dunia adalah menciptakan sebuah aliran seni kubisme (cubism). Karya seni kubisme menggambarkan manusia dan bentuk lainnya dalam kesatuan potongan-potongan geometris.

Para ahli mengungkapkan bahwa aliran ini me-presentasi kan realitas dalam seni dan menciptakan tingkat abstraksi visual yang lebih murni. Hingga akhirnya karya Picasso kemudian memicu kelahiran aliran-aliran seni orisinal lainnya di seluruh Dunia.

Sejak dicetuskan pada 2004, Hari Seniman Internasional mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, termasuk Museum Seni Metropolitan, Galeri Seni Ontario, Galeri Nasional Skotlandia, Yayasan Yerusalem, dan sebagainya.

Bahkan setiap tahunnya, Hari Seniman Internasional ini dirayakan dengan penyelenggaraan festival seni, pameran, dan pertunjukan seni lainnya di seluruh dunia.

Fakta Unik Hari Seniman Internasional

Siapa sangka dibalik sejarah peringatan ini, ternyata ada beberapa fakta menarik seni yang pernah terjadi di masa lampau.

  1. Kesenian ternyata pernah dijadikan sebagai ajang olimpiade. Dimana kompetisi tersebut dicetuskan oleh Pierre de Fredy dan Baron de Coubertin, berlangsung dari 1912 hingga 1948. Pada saat itu, kompetisi dibagi menjadi lima kategori yaitu arsitektur, literasi, musik, lukis, dan memahat.
  2. Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan lukisan Monalisa? Ya lukisan tersebut merupakan maha karya Leonardo Da Vinci yang dibuat pada 1503. Namun, baru terkenal setelah dicuri dari The Louvre pada 1911. Bahkan selama lebih dari 400 tahun, lukisan Mona Lisa tersebut hanya diketahui oleh beberapa pencinta dan seniman lainnya.
  3. Salah satu pelukis paling termasyhur di seluruh dunia adalah Pablo Picasso. Sebelum bisa berjalan, seniman asal Spanyol ini bahkan sudah bisa melukis. Tidak hanya itu, kata pertama yang diucapkan oleh Picasso balita adalah “lapiz” yaitu bahasa Spanyol dari “pensil”.

Cara Merayakan Hari Seniman Internasional

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan peringatan seniman ini yang jatuh pada tanggal 25 Oktober sekarang, diantaranya:

  1. Membeli karya seni.
  2. Membuat karya seni.
  3. Menghadiri galeri atau acara kesenian.
  4. Mendukung karya para seniman lokal.
  5. Mencari sesuatu seni yang unik untuk mempercantik ruangan di rumah.

Demikian informasi seputar peringatan hari seniman internasional yang jatuh pada 25 Oktober 2022 sekarang. Semoga dengan adanya peringatan ini masyarakat turut mengapresiasi atas seseorang yang memiliki kreativitas, terutama dalam bidang seni.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru