Hati-Hati, Inilah Penyebab Tidak Terkabulnya Doa

Wiwin Indriani 0 Komentar

Setiap doa pasti akan terkabul, tetapi ada lho penyebab dari tidak terkabulnya doa kita. penasaran? yuk simak artikel berikut!

IndiffsDoa merupakan sarana komunikasi seseorang dengan Tuhannya, setiap umat muslim berdoa kepada Allah SWT untuk mewujudkan keinginannya, memohon perlindungan dan ampunan. Setiap doa pasti akan terkabul, tetapi ada lho penyebab dari tidak terkabul nya doa kita. penasaran? Inilah penyebab tidak terkabulnya doa yang perlu kamu ketahui.

1. Tidak Menyebut Nama-nama Allah Ketika Berdoa

Penyebab tidak terkabul nya doa yang pertama yaitu tidak menyebutkan nama-nama Allah. Allah SWT memiliki 99 nama yang dikenal dengan Asmaul Husna supaya doa kita mudah dikabulkan. Sebaiknya, sebut nama-nama Allah misalnya “Ya Allah Ya Rahman Ya Rahim”. Seperti dalam Firman Allah dalam surat Al-Araf ayat 180 bersabda: ” Allah SWT, mempunyai Asmaul Husna, maka memohon lah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu.”

2. Bersholawat Kepada Rasulullah SAW

Setelah menyebut nama-nama Allah, sebaiknya bersholawat lah kepada Rasulullah SAW. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Tirmizi dalam hadist hasan sahih, dulu Rasulullah SAW pernah mendengar seseorang berdoa, tetapi ia tidak memuji Allah dan mengucapkan shalawat kepada Rasulullah SAW. Maka sontak Rasulullah SAW bersabda: “Orang ini terburu-buru.” Kemudian Rasulullah memanggil orang itu, lalu ia dan orang lainnya dinasihati: “Jika seseorang diantara kalian berdoa, maka harus dimulai dengan dengan pujian kepada Allah, lalu shalawat kepada Rasulullah SAW sesudah itu barulah berdoa sesuai apa yang kita inginkan”.

3. Tidak Mengangkat Kedua Tangan Saat Berdoa

Ketika berdoa, wajib mengangkat kedua tangan kita agar doa terkabul, Aisyah RA bersabda: “Sesungguhnya beliau melihat Rasulullah berdoa sambil mengangkat tangan dan berkata: “Ya Allah, sesungguhnya saya hanyalah seorang manusia” (Adab Mufrad 613, berkata Al Hafidl: “Sanadnya shahih.”)

4. Tidak Pernah Bersyukur

Allah SWT selalu memberi kenikmatan dan mencukupi semua kebutuhan umatnya. Namun sebagai manusia sering kali kita lupa bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, sehingga membuat doa tidak terkabulkan. Dari An Nu’man bin Basyir. Nabi saw bersabda,” Barang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (H.R Ahmad,4/278).

5. Tidak Berdoa dengan Khusyu’

Kekhusyu’an dalam doa bisa membuatmu lebih fokus kepada Allah, dan melupakan hal-hal yang bersikap duniawi. Seperti firman Allah  dalam Q.S. Al-Anbiya’ ayat 90: “Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) segala kebaikan dan mereka berdoa kepada kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka orang-orang yang khusyu’ kepada kami.”

6. Sombong Dihadapan Allah SWT

Ketika berdoa kepada Allah, tetaplah rendah diri jangan pernah menyombongkan diri dihadapan Allah. Karena Allah tidak menyukai kesombongan yang ada pada umatnya. Kesombongan rohani dapat menyesatkan dan menimbulkan dosa. Allah SWT pernah berfirman: “Berdoalah kepada Rabbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.” (Q.S. Al-A’raf:55)

7. Ada Banyak Dosa yang Masih Terselip

Jika masih melakukan perbuatan-perbuatan maksiat dan dosa, maka doa tidak akan dikabulkan oleh Allah SWT. Tanpa disadari ada banyak dosa yang masih terselip dalam diri kita saat berdoa,. Bahkan ada beberapa kata-kata yang di panjatkan dalam doa, tetapi mengandung dosa yang terselip.

Itulah 7 sebab tidak dikabulkan doa, Semoga Allah SWT mengabulkan semua doa-doa kita Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru