Hati-Hati! Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Laptop Kamu Rusak

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ada beberapa kebiasaan kamu menggunakan laptop yang menyebabkan laptop kamu cepat rusak lho. Salah satunya tak membersihkan laptopmu, Simak!

Indiffs – Di zaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal dengan yang namanya laptop. Ya, laptop atau sering disebut komputer jing-jing ini yang lebih fleksibel dibawa kemana mana, yang merupakan alat teknologi informasi masa kini. Biasanya laptop digunakan sebagai media mengetik, editing foto atau vidio, alat komunikasi serta media hiburan, atau bahkan sebagai media penyimpanan data. Itu berarti peran laptop disini sangat penting bagi kamu yang memerlukannya. Apalagi pada saat laptop kamu rusak pada waktu yang dibutuhkan tentunya hal ini yang menjadi permasalahan yang pastinya tidak ingin dialami oleh setiap orang. Namun ternyata ada beberapa hal sepele yang bisa menyebabkan laptop kamu rusak karena kebiasaan buruk kamu lho.

Terbiasa Menggunakan Laptop di Atas Permukaan Tidak Rata

Ya, kebiasaan ini menjadi kebiasaan buruk kamu dalam menggunakan laptop, seperti menggunakan laptop di atas pangkuanmu. Karena hal ini akan menutup sirkulasi udara pada laptop yang seharusnya keluar dengan baik, akibat kamu menyimpan komputer jing-jing ini tempat yang tidak rata jadinya akan menyebabkan komputer jing-jing kamu menjadi mudah panas. Dan apabila komputer jing-jing kamu cepat panas ini akan mempengaruhi kinerja mesin laptop mu dan menjadi mudah rusak.

Jarang Bahkan Tidak Pernah Membersihkan Laptopmu

Menjaga kebersihan pada komputer jing-jing mu menjadi hal yang utama ya, karena apabila laptop kamu ini jarang dibersihkan dan dibiarkan menjadi kotor ini akan menyebabkan debu-debu kecil masuk kedalam sirkulasi udara laptop kamu. Hal ini lah yang menjadi kinerja laptop kamu semakin menurun dan memperlambat sistem komputer jing-jing kamu serta akan mengalami cepat kerusakan pada laptop.

Menancapkan Charger ke Laptop Dahulu, Lalu Menancapkan ke Kontak Listrik

Kebiasaan buruk kamu yang dilakukan dalam menggunakan laptop ialah melakukan hal ini, terlihat sepele namun ini bisa berpengaruh terhadap kerusakan laptop kamu lho. Karena akan terjadi loncatan daya listrik secara tinggi pada saat charger ditancapkan ke stop kontak listrik. Di mana, listrik yang mengalir cenderung belum stabil sehingga berimbas pada kesehatan motherboard laptop. Oleh karena itu, dahulukan adaptor kabel pengisian ke kontak listrik terlebih dahulu, baru menancapkannya ke bagian laptop.

Terbiasa Menggunakan Kecerahan Layar Laptop Secara Maksimal

Selain merusak pada kesehatan mata hal ini juga akan berpengaruh terhadap kerusakan laptop kamu lho. Karena penggunaan kecerahan laptop secara maksimal pada laptop akan menyebabkan baterai pada laptop cepat mudah habis. Hal ini juga dapat mempengaruhi pada sistem kinerja laptop mu, yang nantinya akan kebiasaan di charger secara terus menerus, sehingga mempermudah kerusakan pada laptopmu.

Laptop Tertindih dan Terhimpit Barang yang Berat

Ya, mungkin saja kamu termasuk orang yang menggunakan banyak barang sehingga barang-barang lainnya dapat bersatu dengan laptop atau bahkan laptop mu akan tertindih. Sebenarnya hal ini harus dihindari ya karena ini akan menyebabkan kerusakan pada bagian bagian tertentu laptop kamu.

Sering Mengangkat Laptop dengan Cara Memegang Layar Maupun Engsel

Seharusnya hal sepele ini kamu hindari ya, karena ini akan mempengaruhi bagian engsel dan layar laptop dan menjadi rusak. Walaupun beberapa kebiasaan buruk ini tampaknya biasa atau sepele, namun imbas yang dilakukan jika sering kali dilakukan adalah membuat laptop cepat rusak. Ketika kamu ingin menggunakannya untuk kebutuhan darurat, laptop malah tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, hindari beberapa kebiasaan tersebut jika ingin laptop kamu memiliki usia panjang.

Itulah beberapa kegiatan atau aktivitas sepele bahkan ini kebiasaan kamu yang mungkin kamu sering lakukan yang akan mempengaruhi terhadap kesehatan laptop kamu dan mempercepat laptop kamu menjadi rusak.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru