Heboh! Rudal yang Hantam Polandia Diduga dari Pasukan Ukraina

Hani Hnsa 0 Komentar

Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Rudal yang menghantam Polandia adalah Rudal yang ditembak oleh militer Ukraina.

lINDIFFS.COM – Pejabat Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Rudal yang menghantam Polandia adalah Rudal yang ditembak oleh militer Ukraina.

Pasukan Ukraina diduga tidak sengaja menembakkan Rudal ke Polandia dan menyebabkan dua orang tewas. Mereka bermaksud menembak Rudal Rusia yang masuk ke Ukraina, namun menyasar ke wilayah Polandia.

Melansir Associated Press, informasi itu diungkapkan oleh tiga pejabat AS yang tidak disebutkan identitas nya.

“Tiga pejabat AS mengatakan penilaian awal menunjukkan Rudal itu ditembakkan oleh pasukan Ukraina. Bermaksud untuk menghalau Rudal Rusia yang datang di tengah Salvo. Menghancurkan terhadap infrastruktur listrik Ukraina pada Selasa (15/11),” ujar laporan Associated Press.

Otoritas AS maupun Ukraina belum memberikan tanggapan resmi atas laporan Associated Press tersebut.

Diketahui bahwa Ukraina masih memiliki pasokan persenjataan buatan Uni Soviet dan Rusia, termasuk sistem Rudal pertahanan udara S-300.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan informasi awal yang ia miliki menunjukkan bahwa Rudal yang mendarat dan menewaskan warga di Polandia bukanlah berasal dari Rusia.

“Ada informasi awal yang membantahnya. Saya tidak  ingin mengatakannya sampai kami benar-benar menyelidikinya,” jawab Biden dalam wawancara.

“Tidak mungkin, lintasan bahwa itu ditembakkan dari Rusia. Tapi kita lihat saja nanti,” tegasnya.

Sedangkan, Kementerian Luar Negeri Polandia dalam pernyataannya menyebutkan sebuah ‘rudall buatan Rusia’ terjatuh di desa Przewodow, perbatasan Ukraina. Rudall itu dilaporkan meledak hingga menewaskan dua orang asal Polandia.

Namun, Kementerian Luar Negeri Polandia belum menjelaskan lebih lanjut soal jenis rudal atau dari mana rudal itu ditembak kan. Sedangkan, Presiden Andrzey Duda menyatakan belum ada bukti jelas yang menunjukkan siapa yang menembakkan rudal itu, meskipun dia menegaskan rudal itu kemungkinan besar buatan Rusia.

Rusia sendiri membantah telah melancarkan serangan ke dekat perbatasan Ukraina-Polandia.

Kemhan Rusia menyebut laporan itu sebagai ‘provokasi yang disengaja ditujukan untuk memicu eskalasi situasi’. Ditegaskan juga olehnya bahwa puing-puing rudal di wilayah Polandia ‘tidak ada hubungannya dengan senjata rusia’.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru