Hikmah Dibalik Isra Miraj, Kisah Perjalanan Rasulullah SAW

Resa Azzahra 0 Komentar

Peristiwa Isra Mi’raj memiliki tiga hikmah yakni ujian keimanan, eksplorasi langit dan alam semesta, serta perintah shalat. Cek selengkapnya!

INDIFFS.COM – Peringatan Isra Miraj merupakan bulan ke- 7 dalam kalender Islam. Isra Miraj menjadi sejarah perjalanan spiritual Rasulullah SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha. Selain itu, ada beberapa hikmah dibalik peringatan Isra Miraj. Ketika Nabi melakukan perjalanan malam yang menakjubkan, lewat peristiwa Isra Miraj, turunlah perintah untuk menjalankan shalat 5 Waktu.

Isra Miraj sendiri adalah peristiwa penting dalam sejarah islam. Hal ini sebagaimana sudah tertera dalam Al-Qur’an QS. Al-Isra : 1 yang berbunyi:

سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

“Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Hikmah Isra Miraj

Peristiwa penting selalu memiliki hikmah, termasuk dari kisah Isra Miraj, Berikut ini Hikmah Isra Miraj yang dimana awal turunnya perintah shalat.

  • Perintah Shalat

Shalat hakikat nya adalah kebutuhan mutlak untuk mewujudkan manusia seutuhnya, kebutuhan yang tak hanya meliputi akal pikirannya saja, tetapi juga jiwa manusia. Shalat bisa menjadi pintu gerbang kita untuk menghubungkan manusia (sang hamba) dengan tuhannya. Tanpa perantara Malaikat Jibril sebagaimana syariat-syariat lainnya, ini menunjukkan betapa shalat memiliki kedudukan sangat penting bagi umat Islam.

  • Selalu Sabar dalam Segala Ujian

Peringatan Isra Miraj merupakan peristiwa yang telah Allah tetapkan setelah banyak ujian dialami Rasulullah SAW semasa hidupnya. Karena kesabaran beliau membuat Allah menurunkan Rahmat dalam bentuk peristiwa Isra Miraj.

  • Menjadi Bukti Keimanan

Ada nya peristiwa Isra Miraj yang diluar nalar manusia, menjadi bukti keimanan ketika diterima sebagai peristiwa yang benar terjadi.

  • Keistimewaan Masjidil Aqsa

Dalam perjalanan Isra, masjid yang berada di palestina itu menjadi tempat tujuan Nabi, sebelum akhirnya bertolak ke Sidaratul Muntaha. Hal ini merupakan indikasi betapa mulianya masjid tersebut. Pahala shalat di Baitul Magdis (Masjidil Aqsha) juga setara dengan 500 kali lipat dibanding dengan masjid biasa.

  • Islam Merupakan Agama Suci

Muhammad Saw diberi pilihan antara air susu dan khamr saat Mi’raj, Nabi lebih memilih susu. Kemudian Malaikat Jibril as berkata, “Engkau telah diberi hadiah kesucian.” Ini sebagai isyarat bahwa Islam adalah agama suci (fitrah).

Keutamaan

Melaksanakan Shalat Sunnah 12 Rakaat memiliki keutamaan lebih jika dibandingkan dengan malam yang lain dan dianjurkan untuk menghidupkannya. Imam Ghazali, dalam Ihya’ Ulumuddin menulis:

“Perlu diketahui,.. sesungguhnya terdapat malam-malam khusus yang memiliki keutamaan lebih dibandingkan malam yang lain yang dianjurkan untuk menghidupkanya. Dalam satu tahun ada 15 malam.. salah satunya adalah malam 27 Rajab, yakni malam di mana Nabi melakukan Isra’ dan Mi’raj. Siapa yang melakukan shalat pada malam tersebut sebanyak 12 rakaat, dan pada setiap rakaatnya membaca surat al-Fatihah dan salah satu surat dari al-Qur’an, bertasyahud dalam dua rakaat dan salam.” Kemudian bisa dilanjutkan dengan membaca: Tasbih, Tahmid dan Tahlil, sebanyak 100 kali.

Sejatinya, hikmah dan keutamaan Isra Miraj untuk menciptakan Manusia Beriman dan Beramal Shaleh.

Demikianlah informasi terkait hikmah dan keutamaan mengenai Isra Miraj. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru