Hindari 6 Kebiasaan Buruk Ini Penyebab Penyakit Tipes

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Beberapa penyebab terjadinya penyakit tipes pada tubuh kamu ialah, karena melakukan kebiasaan buruk salah satunya adalah jajan sembarangan.

INDIFFS.COM – Tipes ini kerap kali dialami pada sebagian orang. Penyakit ini terjadi karena bakteri Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh kamu. Bakteri tersebut akan mudah menyebar karena beberapa penyebab, yakni salah satunya ialah faktor lingkungan yang kotor dan tidak steril. Tak hanya itu, kebiasaan yang buruk pun bisa jadi penyebab terjadinya penyakit tipes pada tubuh kamu. Maka dari itu perlu di perhatikan kebiasaan sehari hari kamu, dan menghindari kebiasaan buruk berikut yang menyebabkan penyakit tipes ini muncul karena penyebaran bakteri.

1. Jajan Sembarangan

Jajan makanan di pinggiran jalan mungkin pernah di alami oleh setiap orang. Namun perlu di perhatikan pula, kondisi lingkungan sekitarnya. Karena, biasanya lingkungan diluar tidak terjamin terhindar dari bakteri, bahkan bakteri yang telah hinggap di tempat sampah lalu hinggap pada makanan di pinggiran jalan yang hendak kamu beli. Dan makanan tersebut akan terkontaminasi dengan bakteri pembawa penyakit, hal ini lah yang berisiko penyebab terjadinya tipes pada tubuh.

2. Mengonsumsi Minuman yang Kotor

Mengonsumsi minuman yang kotor akan menyebabkan kamu mudah untuk terinfeksi tipes. Bukan tanpa alasan, minuman yang kotor ini akan membawa penyakit serta menyebarkan bakteri pada tubuh kamu. Perlu di perhatikan pula, apabila kamu jajan minuman yang menggunakan es batu, es batu yang digunakan pastikan menggunakan air bersih dan tidak kotor. Karena, jika es batu yang di gunakan menggunakan air kotor, itu akan membawa bakteri dan minuman kamu terkontaminasi dengan bakteri.

3. Kurang Menjaga Kebersihan Makan

Mengonsumsi makanan laut seperti ikan, itu berasal dari air yang sudah terkontaminasi dari tinja/urine yang terinfeksi bakteri penyebab tipes. Untuk itu menjaga kebersihan makanan perlu di perhatikan, sebelum memasaknya sebaiknya kamu membersihkan ikan tersebut serta memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada makanan. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa tinja/urine hewan yang telah mengontaminasi pada tubuh ikan.

4. Mencuci Tangan dengan Bersih Setelah Buang Air

Ini sangat penting diperhatikan jika sudah melakukan buang air baik kecil ataupun besar. Apalagi jika setelahnya kamu melakukan makan menggunakan tangan. Tangan yang telah digunakan untuk melakukan cebok buang air akan menyisakan bakteri urine yang menempel. Dan apabila ini tidak di bersihkan akan menyebabkan makanan terkontaminasi dengan bakteri, sehingga akan menyebabkan tipes.

5. Menggunakan Toilet yang Kotor

Bakteri Salmonella typhi akan berada tetap di tempat yang kotor, bahkan sekalipun di dalam tinja. Jelas jika membiarkan toilet kotor bakteri ini akan mudah untuk menyebar, sehingga kamu akan mudah terinfeksi dan menyebabkan penyakit tipes ini muncul. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihan terutama toilet karena disini tempat tinggal bakteri-bakteri.

6. Melakukan Intim dengan Penderita Tipes

Ini sangat berpeluang besar yang memicu terjadinya tipes pada tubuh kamu. Bakteri tipes akan mudah menyebar dan tertular melalui hubungan intim yang dilakukan. Karena, pada saat melakukan hubungan intim bakteri Salmonella typhi yang terdapat pada penderita akan berpindah ke pasangannya. 

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit tipes pada tubuh kamu. Untuk itu perlu di hindari agar tubuh kamu tetap sehat. Dan pastikan tetap menjaga pola makan yang benar dan pola hidup yang sehat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru