Hindari 9 Hal Ini Yang Menjadi Penyebab Gagal Saat di Interview

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Tak jarang ditemui seseorang tak berhasil lolos ke perusahaan yang diinginkan. Mungkin ini karena penyebab yang membuatnya gagal Interview

INDIFFS.COM – Wawancara atau interview kerja menjadi salah satu urutan seleksi karyawan, dimana ini dapat menentukan nasib para pencari kerja. Namun, tak jarang saat di interview kerja, ada banyak penyebab yang membuat calon pekerja gagal pada tahap seleksi awal interview.

Setelah dinyatakan gagal, kamu pasti akan bertanya-tanya mengapa kamu bisa gagal padahal kamu sudah sangat yakin. Bahwa kamu telah melakukan yang terbaik dalam menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan.

Hal ini mungkin karena faktor penyebab yang membuat seseorang gagal atau tidak lolos dalam wawancara kerja, bahkan mungkin ini belum kamu ketahui. Untuk itu, perlu diketahui beberapa penyebab yang mengkibatkan seseorang tidak lolos.

Tentunya dengan mengetahui penyebab ini, kamu akan lebih berhati-hati dan teliti pada saat di wawancara agar tidak terjadi kesalahan.

Penyebab Gagal Interview

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa penyebab yang mengakibatkanmu gagal di interview. Tentunya gagal saat interview kerja bisa dijadikan sebagai pelajaran di masa mendatang.

1. Datang Terlambat

Jika seseorang rekruter telah menginformasikan jadwal tes interview, usahakan untuk tidak datang terlambat. Apabila kamu terlambat, hal ini akan membuat kamu dipandang tidak mampu menghargai waktu.

Tak hanya itu pihak perusahaan juga akan menganggap bahwa kamu tidak memiliki sikap disiplin dalam dunia kerja. Tentunya, hal ini akan mengurangi nilai kamu dan gagal untuk masuk ke perusahaan tersebut.

2. Berpakaian Tidak Rapi

Sebaiknya kamu harus percaya bahwa penampilan terutama pakaian menjadi salah satu hal yang di prioritaskan. Untuk itu, gunakan lah pakaian yang sesuai dengan jenis pekerjaan, perusahaan yang tengah dilamar. Perhatikan pula kondisi bajumu, karena jika lusuh dapat memberikan kesan yang kurang baik.

3. Bersikap Seenaknya

Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan mu tidak lolos pada saat wawancara pekerjaan ialah karena terlalu bersikap seenaknya. Bahkan, ini sering dilakukan ketika wawancara kerja secara online melalui video.

Meskipun dilakukan secara online, sebaiknya kamu tetap harus menjaga sikap dan perilaku.  Pasalnya seseorang masih menerima telepon pada saat wawancara kerja dengan perilaku yang tidak jelas. Bahkan seakan-akan menganggap sepele dihadapan HRD.

4. Bersikap Tidak Ramah

Bersikap ramah menjadi kunci seseorang, apalagi para pelamar pekerjaan untuk mendapatkan nilai plus di mata para rekruter. Karena memang dengan bersikap baik dan ramah, berarti menunjukkan sikap yang sopan kepada semua orang.

Bahkan, ada sebuah riset yang menunjukan bahwa banyak pelamar pekerjaan yang dicari ialah karena sikap ramahnya. Pasalnya sikap ramah akan memberikan dampak positif bagi seseorang, terutama ketika menghadapi orang lain.

5. Bahasa Tubuh yang Mengganggu

Salah satu hal selanjutnya yang akan membuat seorang ditolak untuk bergabung di perusahaan tersebut ialah menggunakan bahasa tubuh yang mengganggu. Biasanya seperti duduk bersandar, tentu ini akan membuatmu terlihat malas, sementara duduk terlalu maju membuatmu terlihat agresif. Untuk itu, cobalah duduk dengan tegak, jangan silangkan lengan dan berhati-hatilah dengan rasa gugup yang kamu miliki.

6. Tidak Fokus Saat Interview

Fokus ketika menjawab pertanyaan saat wawancara kerja merupakan satu hal penting. Untuk itu, kamu dapat mematikan ponsel, atau memerhatikan setiap detail pertanyaan agar tidak salah dalam menjawabnya. Pasalnya tidak fokus selama proses interview bisa membuatmu tidak lolos, karena rekruter tidak dapat menangkap dengan baik apa yang mereka harapkan dari jawaban kita.

7. Membicarakan Kehidupan Pribadi Secara Berlebihan

Setiap pertanyaan yang dilontarkan, sudah seharusnya dijawab se-detail mungkin dan jelas. Namun, jika membicarakannya secara berlebihan ini justru akan membuat mu ditolak.

Bukan tanpa alasan, melainkan hal ini akan memberikan pandangan buruk pada HRD karena menghambat prosesi wawancara yang berjalan. Dengan itu, cobalah untuk tidak menunjukkan informasi pribadi terlalu banyak kecuali memang diminta oleh HRD.

8. Kesalahan Berbicara

Perlu berhati-hati dalam berbicara ketika kamu sedang di wawancara oleh rekruter. Pasalnya, kesalahan berbicara bisa berakibat fatal bagi kamu. Untuk itu, jangan sampai kamu menyinggung perasaan pewawancara. Ada beberapa hal yang harus dihindari ketika berbicara, diantaranya:

  • Berbohong
  • Berkeluh-kesah
  • Mengkritik perusahaan
  • Membicarakan kejelekan orang lain
  • Berdebat

9. Menanyakan Gaji di Awal-Awal

Seseorang pasti ingin mengetahui berapa besaran gaji yang akan di dapatkan. Namun, jika kamu bertanya di awal-awal bekerja justru ini akan membuat mu tidak lolos. Apalagi jika kamu seorang fresh graduate atau baru saja lulus dari pendidikan, ada baiknya hindari menanyakan gaji pada saat wawancara awal.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab seseorang gagal pada saat melakukan intiview pekerjaan. Semoga dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut, kamu bisa menghindarinya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru