Ingin Menurunkan Kolesterol Tinggi? Cobalah 5 Buah Ini

Admin 0 Komentar

Ada sejumlah buah penurun kolesterol paling ampuh yang bisa dikonsumsi. Pasalnya selain obat, buah juga di klaim bisa menurunkan kolesterol.

Indiffs – Ada sejumlah buah penurun kolesterol paling ampuh yang bisa dikonsumsi. Pasalnya selain obat, buah-buahan juga di klaim bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh loh.

Sebagaimana diketahui, kolesterol merupakan molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah. Entah itu kolesterol jahat ataupun baik. Umumnya kolesterol berguna untuk mencerna makanan, memproduksi hormon dan menghasilkan vitamin D.

Terdapat dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan hight-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Jumlah LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Itu sebabnya pemilihan makanan sangat penting untuk penderita kolesterol.

Daripada keseringan mengkonsumsi obat-obatan  yang mungkin ada efek sampingnya, juga bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol.

Berikut ini beberapa buah yang bisa meurunkan kolesterol:

1. Alpukat

Alpukat

Alpukat – Tasting Table

Pasalnya buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh. Bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Selain mengontrol kolesterol, studi dalam Nutrition Journal (2013) menemukan buah alpukat mampu memberikan rasa kenyang yang bertahan hingga 3-5 jam setelah dikonsumsi.

Buah penurun kadar kolesterol ini juga kaya kandungan glutathione, yakni antioksidan yang berperan dalam mencegah penyakit jantung & kanker.

2. Apel

Apel

Apel – Jovee

Apel mengandung pektin terutama pada kulitnya, pektin akan menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus. Kemudian, lemak akan dibawa keluar tubuh melalui urine & feses.

Serat dari buah ini juga membantu memberikan rasa kenyang lebih lama hingga mengalami keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat.

Ditambah lagi, buah ini juga tinggi kandungan vitamin dan dan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan.

3. Buah Beri

Buah Beri

Buah Beri – Indonesia Pasti Bisa

Buah-buahan beri seperti stroberi, bluberi dan rasberi juga tinggi akan akan kandungan serat pektin yang mengikat kelebihan kolesterol dalam usus halus. Sebuah studi dalam jurnal  Nutrients (2019) menemukan konsumsi beri utuh atau dalam bentuk jus atau ekstra murni membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.

Selain itu, buah-buahan beri juga tinggi akan polifenol, antioksidan yang baik bagi tubuh.

4. Pir

Pir

Pir – Kampus Tani

Kandungan seratnya lebih tinggi daripada apel. Sebagai gambaran, sebuah pir ukuran sedang mampu mencukupi 16% kebutuhan serat harian tubuh Anda. Sama dengan apel, pir kaya kandungan pektin yang mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh. Hasilnya, kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh bisa menurun.

Berkat kandung zat gizi tersebut, Anda bisa mengkonsumsi pir sebagai salah satu pilihan penurun kolesterol yang enak dan menyehatkan.

5. Pepaya

Pepaya

Pepaya – Halodoc

Pepaya sebagai penurun kolesterol ini tinggi akan antioksidan seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Berbagai antioksidan dalam pepaya bekerja dengan enzim paraxonase yang akan menghambat terjadinya pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah.

Pada akhirnya, hal ini dapat mencegah aterosklerosis, yakni penyakit yang muncul saat plak menutupi pembuluh darah arteri Anda.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru