Ini Dia Sejarah Celana Jeans Yang Sedang Viral Di Sosmed

Wiwin Indriani 0 Komentar

Penggunaan jenis celana jeans dapat ditemui hampir si semua generasi baik pria maupun wanita. Berikut ini Sejarah celana jeans.

INDIFFS.COM – Penggunaan jenis celana jeans dapat ditemui hampir di semua generasi, wanita maupun pria, dari anak-anak hingga orang tua. Tahukah kamu? bahwa celana jeans juga memiliki sejarahnya, lho. Maka dari itu, simak sejarah celana jeans berikut ini yang dilansir dari beberapa sumber.

Sejarah Celana Jeans

Jeans pertama kali ditemukan pada abad ke-19 dan telah digunakan oleh para penambang, koboi, legenda Hollywood, pemberontak kontra budaya, bintang rock, dan mode pada abad ke-18.

Desainnya dipatenkan pada tahun 1873 oleh penjahit Jacob Davis dan pemilik grosir kain San Francisco Levi Strauss. Paku keling tembaga yang digunakan untuk memperkuat tas disambut oleh penambang dan pekerja lain yang mengeluh bahwa tas sering robek.

Pembuatan celana jeans ini dimulai dari penjahit Jacob Davis dan seorang pria asal Jerman yang merupakan pemilik grosir kain San Fransisco bernama Levi Strauss.

Celana jeans awalnya dibuat berfungsi untuk melindungi para pekerja dari material tambang yang kasar. Celana biasa yang digunakan mereka diketahui mudah robek sehingga membutuhkan celana yang dapat lebih tahan lama dan kuat. 

Akhirnya salah satu istri pekerja tambang tersebut mencari penjahit yang dapat membuatnya celana sesuai dengan kriteria tersebut dan bertemu dengan seorang penjahit bernama Jacob Davis.

Kemudian, Jacob berusaha menggagas untuk membuat celana dari bahan kain denim yang ia beli di sebuah toko bahan langganannya milik Levi Strauss. Levi yang berusia 20 tahun pergi ke San Francisco pada tahun 1847 dengan membawa beberapa potong tekstil yang akan ia jual. Dari bahan yang dianggap sisa itu, kemudian Levi membuat beberapa potong celana untuk dijual kembali ke para penambang emas.

Jacob pun mulai mendesain celana dengan paku keling yang dipasangkan di beberapa titik celana yang rentan robek. Paku keling yang digunakan oleh Jacob adalah rivet yang bisa kita lihat ada di atas saku celana jeans.

Celana tersebut ternyata mendapat sambutan yang positif dari para penambang. Para penambang menyukai celana tersebut karena bahan kanvas yang memiliki ketahanan yang baik, tidak mudah rusak, atau sobek.

Sehingga Jacob Davis dan Levi Strauss menjadi kedua tokoh yang penting dalam sejarah terciptanya celana jeans. Levi Strauss sendiri merupakan orang pertama yang memperkenalkan bahan kain jenis denim ke Amerika pada tahun 1853 silam.

Levi kemudian melakukan improvisasi dengan menggunakan bahan lain yang dipesan dari Genoa, Italia. Levi mulai memproduksi celana jeans dalam jumlah banyak.

Sebelum memproduksinya secara massal, Jacob sebagai penjahit yang mendesain dan membuat celana jeans berpikir untuk mematenkan hasil penemuannya itu. Levi Strauss sendiri merupakan orang yang memperkenalkan bahan kain jenis denim ke Amerika pada tahun 1853 silam. Hingga akhirnya hak paten celana jeans ini didapatkan di kantor paten Amerika Serikat pada tanggal 20 Mei 1873.

Sehingga, pada tanggal 20 Mei 1873 tersebut ditetapkan sebagai hari lahirnya celana jeans. Hak paten yang telah Jacob dan Levi daftarkan bernama Levi Strauss & Co. Merek Levi Strauss & Co itu juga menjadi perusahaan pertama yang berdiri untuk memproduksi celana jeans. 

Celana jeans yang pertama dibuat desainnya seperti celana bebek dari bahan katun berwarna coklat. Dalam desain ini terdapat dua kantong di depan dan satu kantong di belakang dengan menggunakan rivet untuk menahannya.

Seiring perkembangan zaman, celana jeans semakin memiliki banyak kantong dan di bagian belakang celananya juga diberikan ada logo Levi’s jeans. Nama Levi’s jeans pun menjadi populer bahkan hingga sekarang.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru