Inilah 10 Cara Untuk Mengatasi Gangguan Anxiety Pada Mental

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Gangguan kecemasan atau anxiety sangat mengganggu kesehatan mental. Untuk itu, lakukan cara berikut untuk mengatasi anxiety!

INDIFFS.COMAnxiety atau gangguan kecemasan ini kerap dialami sebagian orang. Tentunya seseorang yang memiliki gangguan ini sering kali sulit dihilangkan, bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, perlu diketahui beberapa cara mengatasi anxiety.

Karena pasalnya, gangguan kecemasan berlebih akan mengakibatkan seseorang merasa khawatir saat berada di kumpulan orang-orang. Tak hanya itu, perasaan tersebut juga terkadang berubah menjadi amarah.

Bahkan, menyebabkan perasaan takut yang mengakibatkan jantung berdebar kencang dan pikiran menjadi bertentangan dengan apa yang akan dilakukan. Tentunya, hal itu dapat memicu terjadi stress pada seseorang. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa cara dalam mengatasi gangguan anxiety ini.

Cara Mengatasi Anxiety

Lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi gangguan kecemasan yang membuat mental seseorang terganggu:

1. Kurangi Kafein

Cara pertama yang harus dilakukan dalam mengatasi dan meredakan gangguan kecemasan ini ialah dengan mengurangi konsumsi kafein. Dikutip dari Halodoc, kafein dapat memperburuk kecemasan.

Untuk itu, kurangilah makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, cola, minuman energi, dan cokelat. Karena makanan atau minuman tersebut merupakan obat pengubah suasana hati dan tentunya dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.

2. Mencukupi Waktu Tidur dan Istirahat

Gangguan kecemasan berlebih ini bisa muncul karena kurangnya waktu tidur atau istirahat pada tubuh. Untuk itu, lakukan apapun yang bisa memastikan kamu mendapatkan cukup tidur sehingga bisa beristirahat maksimal. Dengan itu, sedikitnya bisa mengurangi rasa cemas yang berlebih dan membuat perasaan suasana hati menjadi tenang.

3. Menghindari Alkohol

Cara meredakan kecemasan berlebih selanjutnya ialah dengan menghindari mengonsumsi alkohol. Dikutip dari halodoc, alkohol dapat memberikan sensasi rileks sebagai efek jangka pendek. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering atau berlebihan, alkohol justru dapat membuat gangguan cemas menjadi lebih berat. Untuk itu, sebaiknya hindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol.

4. Tariklah Napas yang Dalam

Pada saat rasa cemas menyerang pada diri, sebaiknya hal pertama yang harus dilakukan ialah mulai mengendalikannya. Untuk itu, kamu perlu menarik nafas dalam-dalam hingga beberapa saat. Dengan melakukan hal ini tubuh akan menjadi lebih rileks dan aktivitas saraf di otak penyebab stres juga dapat menjadi lebih tenang.

5. Makan Makanan yang Sehat

Memang rasa cemas berlebih bisa membuat tubuh menjadi kurang fokus dan konsentrasi. Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa makanan yang sehat yang tentunya baik untuk menjaga keseimbangan pada tubuh. Ketika rasa cemas ini menyerang fokus lah pada sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan ikan.

6. Cukupilah Minum Air Putih

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan ini, ialah dengan mencukupi kebutuhan minum air putih. Dengan memastikan minum air putih yang cukup, ini akan mencegah tubuh dari dehidrasi. Apalagi dehidrasi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, dan tentunya memperburuk anxiety.

7. Lakukan Olah Raga

Melakukan olahraga dikenal memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, telah banyak studi yang membuktikan betapa olahraga mampu mengurangi gejala-gejala berbagai jenis gangguan kesehatan mental, termasuk anxiety disorder.

Untuk itu, dengan melakukan olah raga mampu mengatasi gangguan kecemasan dan dapat mengatasinya. Karena dengan melakukan olahraga, mampu melepaskan bahan kimia yang mampu membuat diri merasa lebih rileks dan bahagia.

8. Luangkan Waktu Untuk Sendiri

Gangguan kecemasan yang berlebih bisa memicu terjadinya stres bahkan depresi. Maka dari itu, sediakan waktu untuk berjalan santai, melakukan meditasi, mendengarkan audio yang bisa menenangkan, atau bisa berendam dengan air hangat.

Hal tersebut sangat diperlukan, karena cara itu dapat membuat tubuh menjadi rileks dan lebih tenang. Sehingga, membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rasa cemas pun bisa hilang.

8. Bercerita Pada Teman Terdekat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa cemas yang berlebih ini, ialah dengan bercerita atau curhat pada seseorang yang dapat dipercaya. Karena dengan curhat atau bercerita pada seseorang ini mampu meringankan kecemasan yang sedang dialami.

Selain itu juga, orang yang mendengarkan cerita mu juga akan saling berbagi pengalaman dan tips tentang bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan.

9. Pusatkan Pikiran

Ketika rasa cemas mengganggu cobalah untuk memusatkan pikiran, dan kembali fokus pada hal yang akan kamu lakukan. Misalnya, jika ada beberapa jadwal membersihkan rumah seperti mencuci baju, maka lakukanlah hal tersebut.

Karena dengan melakukan kegiatan yang aktif ini akan mengurangi kecemasan pada diri. Dari pada dengan duduk diam tanpa melakukan apa pun dibarengi dengan kekhawatiran tentang hal-hal yang mungkin terjadi, justru akan memperburuk kecemasan.

10. Belajarlah Untuk Bersantai

Cara mengatasi selanjutnya ialah dengan berusaha untuk tetap santai dan rileks. Karena memang mengatur stres adalah bagian penting dari rencana perawatan gangguan kecemasan. Lakukan hal-hal seperti meditasi, ini dapat membantu kamu bersantai setelah hari yang menegangkan dan dapat membuat hari jadi lebih baik.

Itulah beberapa cara mengatasi gangguan kecemasan atau anxiety yang bisa dilakukan. Namun, jika beberapa cara tersebut tidak berpengaruh cobalah konsultasi pada psikiater, karena mungkin ia akan memberikan cara lain dalam mengatasi hal ini. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru