Inilah 5 Bahan Alami yang Ampuh untuk Meredakan Sakit Gigi

Admin 0 Komentar

Kebanyakan orang pasti pernah yang namanya sakit gigi. Rasa yang timbul seperti nyeri dan nyut-nyutan, dan tentunya sangat tidak nyaman.

Indiffs – Kebanyakan orang pasti pernah yang namanya sakit gigi. Rasa yang timbul seperti nyeri dan nyut-nyutan, tentu tidak nyaman dan bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Dan umumnya bermanifestasi sebagai rasa sakit yang tajam atau menusuk, yang mungkin sangat parah sehingga tidak memungkinkan seseorang untuk makan, tidur atau beristirahat dengan nyaman.

Terjadi karena saraf pulpa di dalam gigi teriritasi atau terinfeksi oleh bakteri (abses), mereka dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Sebab, saraf pulpa termasuk yang paling sensitif di area tubuh manusia.

Nah, inilah bahan alami yang ampuh untuk meredakannya:

1. Lemon

Keasaman dibuah ini ternyata cukup efektif untuk mengatasinya. Lemon kaya akan antiseptik dan anti bakteri, cara menggunakan lemon untuk meredakannya cukup sederhana. Peraslah lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Bisa pula mencampurkan sedikit perasan jeruk lemon dengan sedikit air menggunakan kapas, lalu aplikasikan pada area yang sakit.

2. Berkumur Air Garam

Cara yang satu ini terbilang cukup mudah, tetapi efektif untuk sebagian kasus sakit gigi. Pertama, larutkan 1 sdt garam ke dalam air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuangnya dalam mulut. Awas jangan sampai tertelan.

Yang mampu membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik cairan yang menyebabkan pembengkakan dan bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sekitar gigi.

3. Daun Jambu

Daun jambu bersifat analgesik, anti radang sekaligus antimikroba. Cara menggunakannya kunyahlah daun jambu merah yang bersih sebanyak satu atau dua lembar hingga ekstraknya keluar. Selanjutnya, oleskan ekstrak daun jambu pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

Selain itu juga bisa merebus daun jambu dan tambahkan sedikit garam sampai mendidih, lalu pakai untuk berkumur-kumur.

4. Kompres dengan Es

Caranya cukup simple, masukan es ke dalam kantung plastik lalu bungkus dengan kain tipis. Kemudian, tempelkan es yang sudah terbungkus pada pipi di area gigi yang terasa sakit. Sensasi dingin dari es ini bisa mematikan saraf gigi yang terasa sakit. Selain menempelkan es, kita juga bisa sambil memijatnya bagian pipi yang terasa sakit.

5. Cuka Apel

Selain 4 hal sebelumnya, cuka apel juga bisa dimanfaatkan bisa untuk meredakannya. Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan anti bakteri yang efektif untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah, gunakan cuka apel dan berkumurlah setidaknya selama 30 detik.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru