Inilah Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Agar Hidup Sehat

Dini NHaH 0 Komentar

Meningkatkan metabolisme tubuh merupakan hal terpenting, tetapi seberapa cepat tubuh kamu membakar kalori bergantung pada beberapa hal.

indiffsMeningkatkan metabolisme tubuh merupakan salah satu cara yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal. Hal ini dikarenakan, semakin tinggi laju metabolisme tubuh, kian banyak pula kalori yang bisa ikut terbakar dan tidak menyebabkan penumpukan kalori dalam bentuk lemak.

Berikut ini merupakan beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa kamu lakukan agar tubuh kamu membakar lebih banyak kalori:

1. Tidur Yang Cukup

Kurang tidur bisa mengurangi umlah kalori yang dibakar oleh tubuh, meningkatkan hormon stres yang bisa meningkatkan penimbunan lemak, serta memicu rasa lapar. Inilah alasan mengapa orang yang kurang tidur mudah merasa lapar dan sulit menurunkan berat badan.

2. Minum Lebih Banyak Air

Air putih lebuh sukses untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, jika dibandingkan dengan minuman manis. Ini karena minuman manis mengandung kalori, jadi menggantinya dengan air putih secara otomatis mengurangi asupan kalori kamu. Namun, minum air putih juga dapat mempercepat metabolisme kamu untuk sementara.

3. Menjaga Pola Makan

Kamu perlu meningkatkan konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur, serta daging tanpa lemak. Batasi camilan yang tinggi gula, garam, dan lemak. Porsi makan sedikit tapi seing juga bisa membantu. Apalagi jika kamu punya masalah pada sistem pencernaan.

4. Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga kardio tiga sampai lima kali dalam seminggu dapat menambah rate metabolisme tubuh, meskipun kamu tidak sedang nge gym saat itu namun tubuh tetap membakar kalori.

Proses latihannya adalah dalam empat menit, yaitu 20 detik latihan berat dan 10 detiknya untuk istirahat. Lakukan gerakan ini dalam berbagai variasi, seperti lompat tali, sprints, squat atau jogging.

5. Perbanyak Asupan Protein

Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mengolah protein menjadi asam amino sehingga bisa diserap oleh tubuh. Inilah alasan mengapa memperbanyak asupan protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, makanan tinggi kalori juga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan, sehingga bisa membantu kamu menjaga berat badan.

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar tercipta hidup sehat, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru