Inilah Dampak Negatif Jika Berlebihan Makan Udang

Resa Azzahra 0 Komentar

Makan Udang Dapat Memberikan Manfaat Untuk Tubuh, Namun Jika Dikonsumsi Secara Berlebih Dapat Ber Dampak Buruk Bagi Kesehatan Tubuh.

IndiffsDampak negatif yang akan ditimbulkan jika terlalu berlebihan mengkonsumsi udang bagi kesehatan.

Sebenarnya udang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, karena kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh terdapat di dalam nya. Akan tetapi, sebagian orang justru menimbulkan risiko kesehatan.

Dampak negatif ini akan muncul bila dikonsumsi terlalu banyak ataupun berlebihan, terutama dengan kandungan kolesterol dalam udang dan sebagian orang mungkin mengalami alergi saat mengkonsumsi nya.

1. Alergi

Alergi

Alergi – Hot Liputan6

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dampak terlalu memakan jenis hewan laut ini akan menimbulkan alergi bagi sebagian orang. Hal ini mungkin sudah sangat umum terdengar di masyarakat, bahwa tidak sedikit orang yang memiliki alergi terhadap makanan laut.

Jika memiliki alergi terhadap udang dan mencoba untuk mencicipinya, maka akan terjadi beberapa gejala alergi seperti kulit gatal, sakit perut, muntah, mual sampai pembengkakan di area sekitar wajah dan mulut.

2. Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi – Halodoc

Dampak selanjutnya adalah kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Makanan udang secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.  Satu porsi kecil 3,5 ons mengandung sekitar 200 mg kolesterol untuk tubuh sekali makan.

Jumlah ini sudah melewati batas asupan kolesterol yang dibutuhkan tubuh dalam sehati, karena kadar kolesterol yang tinggi dapat berdampak penyakit jantung dan stroke.

3. Keracunan

Keracunan

Keracunan – Alodokter

Selain dua dampak diatas. Dampak lainnya dapat menyebabkan keracunan makanan, ini terjadi karena udang untuk dimasak tidak dicuci dengan benar dan tidak dimasak hingga benar-benar matang.

Seseorang yang keracunan makanan setelah makan ini, biasanya akan mengalami beberapa gejala mual, muntah, diare dan sakit kepala.

4. Meningkatkan Risiko Hipertensi

Hipertensi

Hipertensi – KlikDokter

Hewan laut ini memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi. 3 ons udang memiliki 805 mg sodium, sebaiknya kamu berhati-hati saat menambahkan garam pada makanan olahan hewan laut yang satu ini.

5. Menyumbat Saluran Pernapasan

Nafas

Nafas – Kompas Health

Dampak negatif dari hewan laut yang satu ini yaitu dapat membuat tersedak yang mengakibatkan penyumbatan saluran pernapasan, jika tidak berhati-hati udang bisa menyebabkan kamu tersedak.

Kulit dan ekor nya dapat melukai serta menyumbat pernapasan. Untuk untuk sebaiknya konsumsi hewan yang sudah bersih dari bagian-bagian tersebut.

Bahaya Udang Yang Diawetkan

Pengawetan udang

Pengawetan udang – Pengolahan tambak

Hewan laut berjenis udang ini biasanya diawetkan menggunakan bahan-bahan tertentu, sering kali di ekspor dan impor ke berbagai belahan dunia. Pengawet yang digunakan adalah 4-heksilresorino untuk mencegah perubahan warnanya.

Bahan pengawet ini mengandung zat xenoestrogen yang mempunyai efek meningkatkan risiko kanker payudara wanita dan mengurangi jumlah sperma pada pria.

Paparan lingkungan zat xenoestrogen dapat dikaitkan dengan beberapa bahaya kanker paru-paru, pankreas, otak dan ginjal.

Makan udang dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebih akan mengakibatkan dampak yang buruk untuk kesehatan tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru