Inilah Fakta tentang Hutan Amazon yang Harus Kamu Ketahui!

Avy Elshanda 0 Komentar

Hutan Amazon ini merupakan hutan tropis terbesar di dunia yang mampu menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di bumi.

Indiffs Hutan Amazon ini merupakan hutan tropis terbesar di dunia yang mampu menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di bumi. Bahkan, hutan satu ini dianggap sebagai paru-paru bumi.

Terdapat hewan-hewan yang buas, yang bisa menerkam mangsanya dengan lahap. Selain itu, hutan satu ini ternyata sering dijadikan lokasi film loh.

Namun, apakah kamu tahu fakta-fakta tentang Hutan Amazon ini? Jika belum mengetahuinya yuk simak dibawah ini:

1. Sering Dijadikan Lokasi Film

Dengan lokasinya yang masih alami, membuat Sungai Amazon seringkali dijadikan lokasi syuting atau film. Apalagi adanya hutan tropis terluas di dunia yang bisa membuat elemen di dalamnya menghasilkan film yang super keren.

Beberapa diantaranya seperti  film Amazonia (2013), The Emerald Forest (1985), The Lost City of Z (2016), Embrace of the Serpent (2015), The Mission (1986) dan juga masih banyak film yang lainnya.

2. Banyak Hewan Mungil Namun Buas

Kalau di Afrika kamu bisa melihat predator bertubuh besar. Kamu bisa merasakan kehadiran hewan buas seperti singa, jaguar, macan tutul, kuda nil dan hewan besar lainnya secara jelas. Yang bisa membuat jantung kamu deg-degan dan seperti mau copot. Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlaku ketika kamu singgah ke Hutan Amazon.

Selain ular, banyak sekali hewan berbahaya yang bakal menantikan kehadiranmu disini. Ada ikan piranha dengan gigi yang begitu tajamnya dan akan memangsa targetnya secara berkelompok, belut yang mampu menghasilkan tegangan listrik hingga 650 volt, juga ada katak atau ulat beracun yang bisa membunuh manusia, dan juga ikan parasit candiru yang bisa masuk kedalam tubuh seseorang.

3. Dianggap Paru-Paru Dunia

Terlepas dari fakta Hutan Amazon yang gundul karena penebangan ilegal, hutan ini merupakan hutan tropis terbesar di dunia. Bahkan, mampu menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di bumi.

Maka dari itu, Amazon dianggap sebagai paru-paru dunia. Sedangkan, sungainya sendiri dapat memproduksi 20% air tawar untuk bumi.

4. Hutan Terluas di Dunia

Pasti sudah mengetahui, kalau hutan ini merupakan hutan terluas di dunia. Namun, tahukah kamu? Kalau hutan satu ini bukan hanya milik negara Brazil saja. Dengan luasnya sekitar 5,5 juta kilometer persegi, hutan ini berada di sembilan negara sekaligus.

Brazil memang mendominasi dengan mencakup 60% hutan, selain negara Brazil ada negara Kolombia, Peru, Venezuela, Ekuador, Bolivia, Guyana, Suriname dan Guyana Perancis.

5. Membutuhkan Waktu 66 Hari untuk Berenang di Sungai Amazon

Siapa sih yang pernah terbesit menyusuri Amazon dengan cara berenang? Apalagi banyak sekali hewan buas yang berada di dalam sungai tersebut. Ternyata ada orang nekat yang berhasil menyusuri Sungai Amazon asal negara Slovenia, bernama Martin Strel.

Yang dimulai pada 1 Februari 2007, Martin memulai aksinya untuk melewati derasnya arus sungai dan hewan buas. Akhirnya dia berhasil melewatinya pada 7 April 2007. Salah satu cara yang dia gunakan untuk menghindari serangan ikan piranha mengelabuinya dengan sebuah kapal berisi darah segar.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru