Inilah Penyebab Hilang Ingatan yang Sempat Dialami Indra Bekti

Resa Azzahra 0 Komentar

Hilang ingatan atau amnesia merupakan kondisi dimana seseorang kesulitan mengingat. Perlu diketahui beberapa penyebab hilang ingatan berikut!

INDIFFS.COM – Dikabarkan belakangan ini tentang presenter Indra Bekti sempat mengalami hilang ingatan usai menjalani operasi penyebab dari pendarahan otak. Hilang ingatan atau gangguan fungsi ingatan seperti yang dialami Indra Bekti bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya diantaranya serangan stroke, sebagaimana yang dialami oleh Indra Bekti.

Kasus hilang ingatan hanya terjadi dalam waktu singkat dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, hilang ingatan bisa cukup parah dan bersikap menetap, sehingga membuat penderitanya sulit untuk beraktivitas dan menjalani hidup secara normal. Pada kondisi parah, gangguan memori ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Penyebab Hilang Ingatan

Beberapa operasi memang dapat memengaruhi ingatan pasien, bauk dalam jangka pendek maupun panjang. Gabungan antar obat-obatan pun dapat memicu masalah ingatan setelah operasi. Lantas apa saja penyebab lainnya? Simak terus berikut ini:

  • Cedera Kepala

Cedera kepala juga berpotensi memicu kondisi hilangnya ingatan seseorang. Benturan keras pada kepala merupakan alasan paling umum seseorang menderita lupa ingatan dan mengakibatkan kepala terkena benda tumpul, terjatuh atau kecelakaan dapat melukai otak dan menyebabkan hilang ingatan jangka pendek ataupun panjang.

  • Efek Obat-Obatan

Mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu juga bisa menyebabkan seseorang mengalami hilang ingatan. Beberapa obat-obatan seperti obat tidur, antidepresi, pereda nyeri, antihistamin, relaksan otot, hingga penenang. Maka, sangat disarankan untuk konsultasi degan dokter mana yang akan kamu konsumsi dalam jangka panjang.

  • Merokok

Rokok sudah diketahui dapat merusak ingatan dengan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke otak. Orang yang merokok lebih sulit mengenal wajah dari pada mereka yang bukan perokok. Alangkah baiknya kurangi merokok untuk menjaga kesehatan tubuh dan terjauh dari penyakit.

  • Stres, Depresi dan Cemas Berlebih

Stres berlebihan bisa membuat otak terasa lelah serta pikiran kewalahan. Stres akut dalam jangka pendek bisa menyebabkan hilang ingatan sesaat. Depresi pun membuat pikiran menjadi tumpul dan mengganggu kualitas tidur yang berdampak pada kemampuan ingatan. Kecemasan berlebih juga bisa berdampak pada daya ingatnya. Utamanya pada kondisi generalized anxiety disorder, ini bisa mengganggu fungsi sehari-hari.

  • Candu Alkohol

Penyalahgunaan konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang bisa berdampak buruk pada daya ingat, baik jangka pendek maupun panjang. Alkohol dan obat-obatan terlarang (narkoba) juga dapat mengubah bahan kimia di otak dan memengaruhi memori.

  • Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi sangat mempengaruhi daya ingatan dan menyebabkan kerusakan permanen pada otak sehingga menimbulkan masalah memori. Pasalnya, vitamin B1 dan B12 berfungsi melindungi sel saraf (neuron) yang sangat penting untuk kesehatan fungsi otak.

  • Penyakit Alzheimer

Alzheimer juga dikenal sebagai bentuk paling umum dari demensia, biasanya akan menyerang seseorang pada usia senja, yakni di atas 65 tahun. Alzheimer merupakan penyakit otak yang fatal, degeneratif dan progresif. Hilangnya ingatan akibat demensia pada penyakit Alzheimer, dipengaruhi oleh penurunan kemampuan kognitif karena kerusakan dan gangguan fungsi sel otak.

  • Gangguan Mental

Penyebab yang satu ini sering kali disepelekan, nyatanya hal ini mengakibatkan seseorang sulit untuk berkonsentrasi dan fokus, sehingga dapat memengaruhi daya ingat nya. Dalam kondisi stres, depresi berkaitan dengan penyebab diblokir sebagai bentuk pertahanan diri yang dikenal sebagai amnesia psikogenik.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab hilang ingatan. Untuk kurang lebih nya kami mohon maaf dan semoga dapat membantu serta bermanfaat yah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru