Inilah Perbedaan SSD dan HDD yang Wajib Kamu Tahu!

Admin 0 Komentar

SSD dan HDD boleh jadi terdengar serupa, padahal dari penamaannya saja sudah berbeda. Perbedaan utama nya adalah bagaimana data disimpan dan diakses.

indiffsSSD dan HDD memiliki perbedaan yang pada dasarnya bisa dilihat secara kasat mata. Namun, ada pula hal lain yang membedakan mengenai dua perangkat ini.

Solid State Drive (SSD) dan Hard Disk Drive (HDD) sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Secara secerhana dapat diartikan fungsi keduanya adalah sebagai perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi yang ada pada laptop atau komputer.

SSD merupakan media pemyimpanan berbasis sirkuit dengan beberapa chip memori yang terintegrasi tanpa pemakaian piringan cakram. Sedangkan HDD merupakan perangkat keras penyimpanan data yanh mengandalkan gerakan piringan cakram dalam pemrosesan data, pada piringan cakram terdapat komponen yang berfungsi membaca dan menulis data.

Nah agar semakin jelas mengenai SSD dan HDD, yuk simak perbedaanya dibawah ini:

1. Komponen

Komponen penyusun kedua perangkat ini cukup berbeda. SSD menggunakan flash memory atau non-volatile yang mana masih tetap berfungsi untuk menyimpan data jika tegangan dimatikan.

Sehingga SSD tidak memiliki alat atau komponen yang dapat bergerak seperti pada HDD. Selain itu, SSD lebih tahan terhadap goncangan dan getaran sehingga meminimalisir kehilangan data akibat kerusakan komponen.

2. Kecepatan Proses Data

Ketika mengolah data, hardisk mengandalkan putaran dari piringan cakram, di mana proses kerja benda tersebut terjadi secara mekanik. Artinya butuh gerakan satu putaran agar data dapat terbaca, hal ini mengakibatkan terbentuknya jeda sehingga perlu waktu untuk bisa mempersiapkan data. Sementara SSD seluruhnya dipreoses secara digital tanpa jeda, sehingga data yang diolah jauh lebih cepat.

3. Kapasitas

Masalah kapasitas, HDD lebih unggul dibanding SSD. Biasanya HDD memiliki kapasitas 500 GB hingga 1 TB ke atas. Sedangkan, SSD biasanya memiliki kapasitas memori sekitar 128 GB hingga 256 GB.

4. Cara Kerja

Cara kerja SSD sudah mengarah pada sistem elektrik sehingga tidak membutuhkan pergerakan suatu komponen selama proses membaca dan menulis data. Sedangkan HDD masih menggabungkan cara kerja sistem mekanik melalui putaran cakram dan elektrik.

5. Ketahanan

Bicara tentang ketahanan, SSD memiliki daya tahan yang lebih unggul dari HDD. Karena menggunakan flash memory dan ukurannya lebih ringkas membuat benda ini lebih tahan getaran dan goncangan.

Sedangkan HDD masih menggunakan sistem kerja mekanik dengan piringan di dalamnya, membuat rawan mengalami kerusakan.

6. Harga

Dikarenakan masih tergolong menjadi teknologi baru, Solid State Drive mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan menggunakan Hard Disk Drive. Disparitas harga antara SSD serta HDD ini bahkan cukup jomplang, dimana untuk harga SSD berkapasitas 250 GB bisa setara dengan harga HDD dengan kapasitas sebesar 1 TB.

Demikianklah beberapa perbedaan antara Solid State Drive dan Hard Disk Drive yang wajib kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru