Inilah Tips Menentukan Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Bakat!

Avy Elshanda 0 Komentar

Ketika hendak melanjutkan pendidikan tinggi, terkadang kita merasa bingung dalam memilih jurusan dalam memilihnya kita harus berhati-hati,

Indiffs – Ketika hendak melanjutkan pendidikan tinggi, terkadang kita merasa bingung dalam memilih jurusan. Dalam memilihnya kita harus berhati-hati, dan jangan sampai kamu memilih jurusan yang salah di tengah jalan.

Sebelum mendaftar kuliah terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, salah satu adalah mengetahui lebih dalam mengenai kampus dan jurusan yang akan kamu ambil.

Berikut tips untuk menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat dan kepribadianmu:

1. Kenali Passionmu Melalui Prestasi

Coba cek kembali dengan nilai-nilai kamu di sekolah. Mata pelajaran apa sih yang selalu mendapatkan nilai bagus? Dari sini, kamu bisa mencari program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut. Alternatif lain kamu bisa melihat prestasi yang berhasil kamu raih di bidang lain selain pelajaran sekolah. Misalkan, kamu berbakat menggambar, maka kamu memilih jurusan yang berhubungan dengan gambar. Seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), seni rupa dan lainnya.

Memilih jurusan yang sesuai minat akan membuatmu menjalani masa perkuliahan dengan bahagia. Tugas kuliah menumpuk tidak akan terasa sebagai beban, jika kamu memang tertarik menjalani.

2. Cari Jurusan Sesuai Kepribadian

Selain passion, ternyata kepribadian memiliki peranan yang penting dalam menentukan jurusan kuliahmu. Bahkan, menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang sukses dalam bidangnya.

Misalkan, jika kamu berjiwa seni dan kreatif kamu dapat memasukkan dua kepribadianmu tersebut kedalam jurusan Desain Komunikasi Visual hal ini juga berlaku untuk sifat lainnya. Kecocokan kepribadian dan jurusan yang sekiranya tepat dengan kepribadianmu.

3. Jangan Hanya Memilih Karena Prospek Finansial

Esensi pendidikan bukan lagi untuk mempersiapkan diri di dunia kerja agar lekas hidup mapan. Mungkin, memang pandangan satu ini masih relevan di zaman orang tua kita dulu yang minim kesempatan. Namun, kini kamu bisa menjadi apapun yang kamu selama ingin memperjuangkannya. Karena jangan jadikan uang sebagai acuan.

Pendidikan itu untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual agar dapat berkembang sesuai apa yang benar-benar kamu inginkan. Pendidikan juga dapat membuatmu melihat masalah di sekelilingmu dengan cara yang lebih tepat dan membuatmu bisa menyelesaikan  hal itu dengan cara yang paling efisien. Jika kamu menikmati proses pembelajarannya, maka rejeki pun akan mengikuti.

4. Jauhi Ikut-Ikutan

Memang adaptasi di kampus akan terasa canggung tanpa adanya teman dari SMA sebelumnya. Namun coba pikirkan kembali, yang akan menjalani perkuliahan adalah kamu dan orang tua juga mengeluarkan uang untuk biaya kuliahmu. Maka, jangan takut memilih jurusan yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan walaupun tidak ada seorang pun yang kamu kenal. Sebab tentu saja nantinya kamu akan mendapatkan teman baru maka tidak perlu merasa takut dan sendirian, apalagi membiarkan ketakutan ini terus menuntunmu ke jurusan yang salah.

5. Pertimbangkan Lokasi dan Biaya

Kamu harus siap untuk risiko seperti ini, lokasi kampus merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Namun, ini tidak akan menjadi masalah jika kamu sudah siap sejak awal untuk kuliah jauh dari orang tua.

Pertimbangkan juga untuk biaya kuliah. Saat memilih jurusan, biaya kerap kali menjadi hambatan yang tidak bisa di abaikan. Apalagi jika kamu memilih untuk kuliah diluar kota domisili sekarang. Tentu saja, akan mengeluarkan banyak biaya, baik itu kost hingga kebutuhan sehari-hari.

6. Berjuang 100%

Jika sudah menentukan jurusan yang diinginkan, langkah terakhir adalah melakukan persiapan yang maksimal dan bertempur di SBMPTN dan ujian di tes lainnya. Atur waktu dengan belajar yang baik dan tak ada salahnya juga untuk mencari soal-soal SBMPTN dan mempelajarinya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru