Innalillahi, Masjid Raya Jakarta Islamic Center Hangus Terbakar

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Terjadi insiden kebakaran yang melanda Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara pada Rabu 19/10/22, sejumlah damkarpun dikerahkan.

INDIFFS.COM – Insiden kebakaran kini kembali terjadi di Jakarta pada hari, Rabu 19 Oktober 2022. Kali ini kebakaran melanda Masjid Raya Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara. Adapun insiden ini terjadi sekira pukul 15.10 WIB.

Kebakaran tersebut tepatnya terjadi di Jalan Kramat Jaya Raya No: 1 RT 006 RW 01 Kelurahan Tugu Utara Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Asap hitam yang menggumpal membumbung tinggi ke udara. Para warga yang melintas pun sibuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponselnya.

Kemacetan tidak dapat terhindarkan karena warga berhenti semaunya. Sementara itu, pihak pemadam tiba di lokasi dan langsung berupaya menjinakan si jago merah.

Berdasarkan informasi, tim pemadam kebakaran (damkar) menerima laporan kebakaran pada pukul 15.23 WIB. Tak berselang lama, pukul 15.26 WIB pemadam kebakaran langsung bergegas ke lokasi sebanyak 6 unit.

Peristiwa kebakaran tersebut juga dibagikan dalam rekaman dari warga sekitar yang ikut menyaksikan. Akibat kebakaran tersebut terjadi kemacetan lalu lintas.

Berdasarkan rekaman video yang tersebut terlihat api berkobar di kubah masjid. Akibat kebakaran ini, bagian kubah masjid tampak hangus terbakar hingga akhirnya roboh.

Adapun penyebab kebakaran ini diduga karena adanya percikan saat pekerja renovasi membakar waterproofing aspal.

“Pekerja dari PT Dwi Agung Sentosa Pratama sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Islamic Centre. Renovasi menggunakan bahan tripleks,” kata Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Utara AKBP Slamet Wibisono dalam keterangannya. Dikutip dari Kompas, Rabu 19/10/22.

Kemudian, Slamet berujar, ketika ingin memasang tripleks di atas masjid, pekerja bangunan melelehkan membran menggunakan alat bakar. Saat melakukan pekerjaan itu, percikan api muncul dari alat bakar hingga menimbulkan api cukup besar.

Terlebih tiupan angin yang kencang membuat api terus membesar dan mengenai bahan-bahan mudah terbakar.

“Kemudian saksi berupaya memadamkan api dengan menggunakan APAR (alat pemadam api ringan), namun api semakin membesar dan akhirnya kubah Masjid Islamic Centre keseluruhan terbakar,” ujar salah satu petugas renovasi. yang dikutip dari Kompas, Rabu 19/10/22.

Sampai pukul 16.30 WIB, petugas kebakaran masih berusaha memadamkan api di Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC). Pasalnya, kebakaran api di kubah Masjid sudah mencapai bagian leher dan masih terus berusaha dipadamkan.

Demikian informasi yang bisa didapatkan, namun saat ini belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran yang membuat kubah Masjid JIC itu ambruk.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru