Innalillahi, Menteri Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Admin 0 Komentar

Tjahjo Kumolo adalah seorang politikus yang menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia.

indiffs – Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB, dikabarkan meninggal dunia pada hari Jum’at, 01 Juli 2022 pukul 11.10 WIB. Tjahjo kumolo meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit, karena ada infeksi yang menyebar ke paru-parunya.

Tjahjo Kumolo lahir di Solo pada tangal 01 Desember 1957. Beliau yang juga dibesarkan dan mengenyam pendidikan di Kota Semarang ini memulai pendidikan tingkat dasar di SD Rejosari pada tahun 1970, tingkat menengah pertama di SMP 1 Semarang pada tahun 1973, tingkat menengah atas di SMA 1 Semarang pada tahun 1976.

Di Semarang pula duami dari Erni Guntarti ini yang kemudian menempuh pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Tanah Air yakni Universitas Diponegoro (Undip), Tjahjo memilih fakultas hukum. dan beliau juga lulusan Lembaga Pertahanan Nasional, Jakarta pada 1994.

Beliau juga tercatat sebagai anggota DPR “abadi”, karena menjadi legislator selama enam periode. Dia mulai menjadi anggota DPR sejak tahun 1987. Saat itu beliau menjadi anggota Komisi II, III dan BKSAP DPR RI dari Fraksi Partai Golongan karya.

Beliau kembali terpilih menjadi anggota DPR pada tahun 1992 dan 1997. Pada tahun 1999 beliau kembali lolos ke Senayan, kali ini dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Setelah itu mantan Ketua Umum DPP KNPI 1990-1993 itu selalu terpilih menjadi anggota DPR dari partai berlambang banteng moncong putih.

Di dalam kabinet, jejak Tjahjo Kumolo dimulai tahun 2014. Dia ditunjuk Presiden Jokowi untuk menjabat Menteri Dalam negeri (Mendagri) sejak tahun 2014 hinggan tahun 2019, atau tepatnya selama masa periode pertama Presiden Jokowi Menjabat.

Tjahjo juga sempat menjadi pelaksana tugas alias Plt Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia di akhir masa jabatan periode pertama Jokowi. DBeliau menjabat sebagai Plt selama 20 hari, dari 1 hingga 20 Oktober 2019.

Di periode kedua Jokowi, Tkahjo Kumolo kembali masuk jajaran kabinet. Beliau didapuk sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Hingga hari ini posisinya belum tergantikan.

Djarot mengatakan, Menteri Tjahjo meninggal sekitar jam 11.00 WIB. Beliau meninggal di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat. Meski demikian, belum dapat dikonfirmasi penyebab meninggalnya.

Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun.

Allahummagfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fu ‘anhu.

Semoga Allah SWT mengampuni seluruh kekhilafan nya, dan menerima semua amal baiknya serta diberikan tempat yang mulia di sisi-Nya. Serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan. newsAamiin Yaa Robal’alamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru