Intip Spesifikasi Mobil Listrik Toyota bZ4X, Harganya Bikin Kaget!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Mobil listrik toyota pertama yang luncur di Indonesia, bZ4X ini tembus hingga harga Rp1 miliyaran yang lengkap dengan berbagai fitur canggih.

INDIFFS.COM – PT Toyota Astra Motor atau TAM secara resmi merilis mobil listrik perdana, yaitu bZ4X. Sebagai informasi, bZ4X ini merupakan mobil listrik kedua yang dipasarkan oleh PT Toyota dan pertama kalinya diluncurkan di Indonesia.

BZ4X yang dijual di Indonesia masih didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang. Bahkan, harga mobil ini relatif mahal dan kuotanya pun terbatas. Sekira hanya sekitar 50-an unit hingga Desember 2022.

Untuk harga, mobil listrik bergaya SUV ini dipasarkan dengan sebesar Rp1,190 miliar OTR Jakarta. Selain itu, mobil ini bisa disewa dengan biaya Rp20 juta per bulan melalui aplikasi KINTO.

Salah satu yang menarik dari mobil listrik ini adalah mempunyai kapasitas baterai yang besar, bahkan mencapai 71,3 kWh dan jarak tempuhnya tembus hingga 500 Km. Terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikit pun.

Spesifikasi Toyota bZ4X

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa spesifikasi lengkap terkait mobil listrik pertama Toyota untuk Indonesia.

1. Desain

Mobil yang satu ini memiliki desain yang sporty ala SUV kekinian dengan menganut desain high tech & emotion ini memiliki sudut-sudut yang agresif. Selain itu, mobil ini memiliki fascia ‘hammerhead‘ yang menjadi ciri khas desain mobil listrik baterai Toyota.

Karena ini merupakan mobil listrik, maka tidak memiliki grille yang biasanya ada di antara kedua lampu utama. Grille berpindah ke bawah, yang menyatu dengan bumper.

Tak hanya itu, di bagian belakang, terdapat roof spoiler yang telah dibuat sedemikian rupa buat menunjang aerodinamika. Terlebih, makin sporty berkat penggunaan antena model sharkfin.

Secara keseluruhan, mobil yang satu ini memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.600 mm, jarak sumbu roda 2.850 mm, serta radius putar 6,3 m. Mobil ini memiliki bodi yang sedikit lebih besar dari Lexus UX 300e.

2. Platform e-TNGA

Dibangun di atas platform e-TNGA, yang mana merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Salah satu kelebihannya yaitu, unit baterai ramping terletak di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari sasis. Sehingga mampu membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

3. Baterai

Dipasok dengan baterai Lithium-ion kapasitas 71,4 kWh dan voltase 355 Volt, membuat mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 km. Selain itu, mobil ini diklaim dapat dicas dari 0 hingga 80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging, menggunakan charging AC dengan output 6,6 kW. Apabila dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit, pakai charging DC dengan output 150 kW.

Tak hanya itu, dilengkapi dengan Water Cooling, yang mana tidak akan menyebabkan baterai mudah panas. Karena water cooling system sudah menyatu dengan sistem AC mobil, sehingga suhu baterai lebih stabil setelah penggunaan yang ekstensif.

4. Interior dan Fitur Safety

Memiliki interior yang lapang dan nyaman ala living room, serta memiliki fitur panoramic roof. Dikombinasikan dengan layar sentuh 12,3 inci terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Terlebih, fitur telematika canggih T Intouch, yaitu teknologi yang dapat menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui aplikasi ponsel mTOYOTA.

Selain itu, memiliki beberapa fitur safety, diantaranya safe Exit Assist, Parking Surpot Brake, Intregation A-Pillar (enhance safety), Rear Cross Traffic Alert, Rear Camera Detection.

Harga dan Ketersediaan

Mobil yang satu ini sudah bisa dipesan konsumen Indonesia dengan harga On The Road Jakarta Rp 1,190 miliar. Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan distribusi pertama Toyota bZ4X dilakukan mulai bulan Desember 2022.

Hanya diberi kuota 50-an unit, yang mana 41 unit di antaranya sedang menjalani ‘kedinasan’ sebagai mobil operasional KTT G20 2022 Bali pada 15-16 November mendatang.

Demikianlah informasi yang bisa kami dapatkan terkait mobil listrik Toyota bZ4X yang telah lundur di Indonesia pada Kamis, 10/11/2022 kemarin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru