Jadwal Puasa Rajab 2023, Lengkap Bacaan Niat dan Keutamaan!

Hani Hnsa 0 Komentar

Sebentar lagi memasuki bulan Rajab. Sebagai bulan yang mulia, kita bisa melakukan ibadah puasa Rajab tahun 2023 M/1444 H.

INDIFFS.COM – Memasuki awal tahun 2023, dalam kalender Hijriyah sendiri umat Islam sebentar lagi akan memasuki bulan Rajab. Sebagai bulan yang mulia, kita bisa melakukan ibadah puasa Rajab 2023 M/1444 H.

1 Rajab merupakan hari paling dinanti umat Islam karena terdapat berkah besar pada bulan Rajab. Bulan Rajab juga menjadi salah satu bulan yang istimewa bagi umat Islam karena bertepatan dengan hari Isra Miraj Nabi Muhammad.

Lantas, 1 Rajab 1444 tanggal berapa di tahun 2023?

Menurut kalender Hijriah, 1 Rajab sendiri merupakan hari ke 178 Hijriah. Pada kalender Masehi 1 Rajab 1444 H jatuh pada Senin, 23 Januari 2023. Umat muslim yang akan menjalankan puasa sunnah Rajab dapat dimulainya pada hari Senin, 23 Januari 2023.

Untuk menjalankan puasa sunnah Rajab dianjurkan melakukannya pada tengah bulan Rajab atau Ayyamul Bidh Rajab. Menurut kalender hijriah puasa Ayyamul Bidh Rajab jatuh pada 13-15 rajab, jika menurut kalender Masehi artinya jatuh pada 4-6 Februari 2023.

Jadwal Puasa Rajab 2023

Bulan Rajab jatuh pada 23 Januari 2023. Dalam kalender Islam, Rajab 1444 Hijriah akan berlangsung sejak 23 Januari sampai dengan 20 Februari 2023. Puasa rajab dapat dilaksanakan pada rentang tanggal tersebut, dengan memperhatikan ajaran para ulama dalam menentukan pilihan harinya.

Terdapat pendapat bahwa puasa rajab akan baik dilaksanakan dalam 3 hari berturut-turut mulai Kamis, Jumat, dan Sabtu. Sebagian pendapat mengatakan, lebih baik disebar di hari awal bulan, tengah bulan, dan akhir bulan. Semua tergantung keyakinan dan niat kita masing-masing.

Niat Puasa Rajab

Bacaan niat puasa rajab berikut ini dibaca pada saat malam hari, atau setiap santap sahur, sekitar 10 menit sebelum adzan subuh berkumandang. Namun jika lupa, dapat dibaca di pagi hari sejauh belum terdapat hal yang membatalkan puasa, seperti makan minum atau hal lainnya.

Berikut bacaan niat puasa Rajab 2023:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin fi syahri rajabi sunatan lillahi ta’ala

Artinya: aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT

Doa Buka Puasa

Berbuka puasa Rajab dilakukan pada waktu yang sama seperti puasa lainnya, yakni pada saat adzan magrib berkumandang.

Berikut bacaan doa berbuka puasa Rajab:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiin.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka puasa, dengan rahmatMu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”.

Keutamaan

Berdasarkan beberapa dalil telah dijelaskan bahwa puasa Rajab atau puasa sunnah di bulan Rajab memiliki sejumlah keutamaan dan keistimewaan. Sehingga tidak heran jika banyak umat Islam yang ingin mengamalkan.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas beliau pernah menyebut rahasia di balik pelaksanaan puasa Rajab yaitu:

  • Puasa pada hari pertama bulan Rajab adalah penebus dosa (kafarat) selama tiga tahun
  • Puasa hari kedua merupakan penebus dosa selama dua tahun
  • Puasa hari ketiga merupakan penghapus dosa selama setahun
  • Puasa pada hari keempat dan selanjutnya merupakan penebus doa selama sebulan.

Demikian informasi terkait jadwal, niat dan keutamaan puasa Rajab, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru