Jangan Abai, 7 Kebiasaan Ini Sebabkan Infeksi Saluran Kemih

Siti Nurul Azizah 1 Komentar

Perlu diketahui juga ada beberapa kebiasaan yang menjadi pemicu penyebab terjadinya infeksi saluran kemih. Wanita sangat rentan pada hal ini.

Indiffs – Ada beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih atau (ISK) ini adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi. Infeksi saluran kemih bisa terjadi pada siapa saja. Namun, wanita lebih banyak mengidap kondisi ini dibandingkan pria, dikarenakan tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, yang membuat wanita lebih rentan mengalami gangguan ini.

Banyak orang kurang menyadari bahwa penyebab infeksi saluran kemih adalah kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Infeksi saluran kemih biasanya terjadi ketika bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih. Meskipun sistem kemih memiliki sistem perlindungannya sendiri, tetapi terkadang sistem ini bisa bobol juga sehingga bakteri dapat bertahan dan tumbuh menjadi infeksi di saluran kemih. (Dikutip dari halodoc.com)

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab infeksi saluran kemih yang turut diwaspadai. Berikut paparannya, seperti dikutip dari CNN Indonesia:

Sering Menahan Kencing

Kebiasaan pemicu infeksi saluran kemih yang pertama adalah sering menahan kencing. Melansir dari hellosehat.com, Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan bakteri di sekitar pembukaan uretra. Alhasil, bakteri masuk ke dalam uretra ketika Anda tidak buang air kecil.

Buang air kecil adalah salah satu cara mengeluarkan bakteri dari tubuh. Jika Anda menahannya, bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih Anda. Walaupun demikian, kebiasaan buruk ini tidak serta merta langsung menyebabkan infeksi saluran kemih. Risiko ISK akan lebih tinggi jika Anda tidak minum air sesuai kebutuhan.

Hal ini dikarenakan kandung kemih tidak akan cukup penuh untuk mengirim sinyal agar Anda buang air kecil. Akibatnya, bakteri yang mungkin telah ada di saluran kemih kemudian berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Mengenakan Pakaian Ketat

Mengenakan Pakaian Ketat mungkin membuat anda tampil akan terlihat seksi. Namun, mengenakan pakaian ketat ini dapat menjebak bakter untuk tetap diarea intim hal ini dapat memicu penurunan produksi sprema dan sangat rentan terkena Infeksi Saluran Kemih atau (ISK) ini.

Mengenakan Pakaian Basah

Mengenakan Pakaian Basah ini dapat menciptakan lingkungan lembap sehingga memicu berkembang biak nya pertumbuhan bakteri. Juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit menjadi bentol kemerah-merahan. Dan penyumbatan pori-pori kulit juga dapat memicu adanya infeksi bakteri.

Membasuh Vagina dari Belakang ke Depan

Melansir dari cbnindonesia, Membasuh vagina dari belakang (anus) ke arah depan saat di toilet bisa menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Kebiasaan tersebut membuat bakteri yang ada di anus berpindah ke vagina, yang akhirnya dapat masuk ke dalam saluran kemih Anda.

Tidak Buang Air Kecil Setelah Hubungan Intim

Tidak Buang Air Kecil Setelah Hubungan Intim ini juga bisa menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kemih. Hubungan seks membuat vagina berada pada kondisi lembap. Kondisi ini rentan memicu infeksi. Untuk itu, Anda disarankan untuk selalu buang air kecil setelah berhubungan intim. Cara ini akan membantu membuang bakteri yang mungkin masuk ke saluran kemih.

Itulah beberapa penyebab terjadinya Infeksi Saluran Kemih atau (ISK). Semoga sedikitnya bisa memberikan informasi. Dan tetap menjaga kesehatan dimanapun kita berada.

Tanggapan

1 Komentar
  • Purwita berkata:

    Masya allah,semoga bermanfaat

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Konten Terkait

    Konten Terbaru