Jangan Asal! Ini Cara Merawat Set Top Box Agar Tak Cepat Rusak

Resa Azzahra 0 Komentar

Layaknya barang elektronik, Set Top Box umumnya mengalami tampilan blank. Maka, seseorang perlu merawat set top box agar awet dan tahan lama.

INDIFFS.COM – Ada beberapa penyebab yang sering membuat Set Top Box (STB) rusak. Kurangnya perhatian pada hal kecil ternyata berpengaruh pada kualitas STB yang sedang digunakan. Maka, sangat perlu kita ketahui langkah atau cara merawat Set Top Box dengan benar. Guna menjaga dari dampak buruk kerusakannya.

STB sendiri, dapat membantu perangkat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang di tampilkan ke televisi analog. Pemilik tidak akan bisa menangkap siaran TV digital jika tidak menggunakan perangkat tambahan STB. Menggunakan STB, kita dapat menikmati siaran TV digital dengan kualitas bersih, jernih tanpa semut dan gambar membayang.

Cara Merawat Set Top Box

Layaknya barang elektronik, Set Top Box umumnya mengalami tampilan blank atau tidak ada sinyal pada televisi . Untuk itu, perlu adanya perawatan dan penggunaan set top box agar awet dan tahan lama. Berikut caranya:

1. Letakkan di Tempat Bersih

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk merawat STB yakni menyimpan di tempat bersih dan tidak berdebu. Karena kebersihan perangkat sangat penting untuk dilakukan, alangkah baiknya jika terlihat berdebu usap dengan tisu. Jangan menggunakan lap basah, sebab dapat meningkatkan risiko korsleting.

2. Jauhkan dari Perangkat Elektronik yang Menghantarkan Panas

Pastikan untuk menjauhkan elektronik yang dapat menghantarkan panas, karena ini tidak dianjurkan untuk berada dekat STB. Hal ini dapat menganggu frekusnsi sinyal dan membuat STB panas. Maka, hindari penyimpanan barang elektronik seperti telepon genggam atau menaruhnya di atas lemari pendingin (kulkas).

3. Beri Jeda Penggunaan STB

Hindari sering menggunakan STB tanpa jeda waktu, aturlah penggunaannya secara berkala. Jangan biarkan televisi menyala non stop padahal tidak ditonton. Jika tidak ingin menyaksikan tayangan TV, ada baiknya matikan saja perangkat STB nya untuk menghindari panasnya STB dan akibat buruk yang terjadi.

4. Cabut Kabel dan Antena WIFI

Dianjurkan untuk mencabut kabel STB jika sudah tak digunakan dan  jika selesai selesai menggunakan WiFi dari STB sebaiknya cabut dongle, jika dibiarkan dapat meningkatkan daya dan menyebabkan lebih mudah panas. Tak hanya itu, dongle yang dibiarkan tertancap cukup lama akan mempengaruhi penangkapan sinyal digital. Jangan lupa bila sedang hujan petir, baiknya antena cabut dari part RF IN guna menghindari sambaran kilat.

5. Gunakan Alur Listrik Stabil

Bukan hanya memperhatikan kondisi perangkat Set Top Box, faktor eksternal juga memegang kendali agar perangkat ini tak mudah rusak. Untuk itu, pastikan arus listrik di rumah aman dan selalu stabil agar tidak menimbulkan konslet pada Set Top Box. Selain arus listrik, kita juga harus mengecek apakah Set Top Box telah tercolok dengan benar dan kencang di stop kontak.

6. Gunakan Cooler

Ketika menonton tv terlalu lama dapat mengakibatkan STB panas. Maka solusinya ialah dengan menggunakan Cooler atay kipas angin tambahan di dekat STB. Hal ini berfungsi untuk mencegah panas pada STB yang akhirnya menyebabkan kerusakan.

Bila menggunakan kipas angin, hindari memasang langsung ke port USB yanga da di STB. Hal ini membuat kapsitor STB terlalu banyak menyimpan daya dan menyebabkan ledakan.

7. Matikan STB Dengan Benar dan Berikan Sirkulasi

Kebiasaan umum terjadi, ketika selesai menonton, kita hanya mematikan TV nya saja, tanpa mematikan STB. Maka dari itu, sebaiknya matikan STB menggunakan remot dengan menekan tombol “Power” dan tunggu hingga tampil Strip di LCD.

Jangan lupa juga untuk memberikan sirkulasi udara yang baik untuk mendinginkan perangkatnya. Jadi jangan membuat STB terhimpit oleh benda-benda yang dapat membuat sirkulasi buruk. Misalnya jangan diselimuti menggunakan penutup kain.

Itulah beberapa cara sederhana untuk merawat Set Top Box dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru