Jangan Balas Dendam! Baca Doa Ini Untuk Membalas Sakit Hati

Hani Hnsa 0 Komentar

Sebagai manusia biasa, tidak heran jika kita kerap merasakan sakit hati. Untuk mengatasinya, kita bisa memanjatkan doa ketika sakit hati.

INDIFFS.COM – Sebagai manusia biasa, tidak heran jika kita kerap merasakan sakit hati. Hal ini bisa terjadi karena perlakuan orang lain, tutur kata orang lain atau bahkan karena harapan kita yang justru menyakiti diri sendiri. Untuk mengatasi rasa sakit hati, kita bisa berserah diri dengan membaca doa ketika sakit hati.

Doa Ketika Sakit Hati

Melansir dari berbagai sumber, berikut doa ketika sakit hati yang bisa dibacakan:

1. Doa Pertama

Dalam hidup, kerap kali peristiwa terjadi tak sesuai dengan yang dibayangkan. Ekspetasi berlebihan juga terkadang membuat sakit hati. Berikut ini doa sakit hati pertama yang bisa dipanjatkan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal huzni wa a’audzu bika minal ‘ajni wal kasali wa a’udzu minal bukhli wal jubni wa a’udzu bika min gholabatid daini wa qohrir rijaal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal yang menyedihkan dan menyusahkan, sifat lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan utang dan penindasan orang.”

2. Doa Kedua

Bacaan Doa untuk menenangkan hati juga ada dalam hadist Nabi dari Imam Thabrani dari Abu Umamah. Doa ini memohon agar diberikan ketenangan, keridaan dan merasa cukup dengan apa yang diberikan Allah SWT. Berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma innni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi’atho-ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

3. Doa Ketiga

Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW berikut ini, bisa menjadi doa sakit hati karena cinta:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Yaa muqallibal quluub tsabbit qalbi ‘alaa diinika.

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu,” (HR. Al-Nasai’).

Selain itu, sebagai seorang muslim sebaiknya mempercayakan semuanya kepada Allah SWT. Termasuk persoalan hati yakni dengan mendekatkan diri kepada Sang Maha pembolak-balik hati manusia yaitu Allah SWT. Dengan begitu ketika merasa patah hati tidak akan membuat seseorang terlarut dalam kesedihan, melainkan menerimanya sebagai bagian dari perjalanan hidup.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru