Jangan Panik! Begini 7 Cara Untuk Mengatasi WhatsApp Error

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kali ini masyarakat dihebohkan dengan aplikasi whatsapp error, namun tak perlu panik karena ada beberapa cara dalam mengatasi whatsApp error

INDIFFS.COM – Baru-baru ini masyarakat di hebohkan dengan kabar baru bahwa aplikasi WhatsApp tengah error pada 25 Oktober 2022 siang. Tentunya ini membuat panik bagi setiap pengguna, terlebih orang ramai membicarakan bagaimana cara mengatasi nya ketika WhatsApp sedang error.

Karena memang pasalnya WhatsApp sendiri merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia. Terlebih aplikasi ini memiliki jumlah pengguna yang  banyak, bahkan yang terbesar di Indonesia dibanding aplikasi lainnya.

Itulah mengapa aplikasi yang satu ini kerap diandalkan setiap orang. Kendati demikian, ada kalanya aplikasi ini tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Terkadang, salah satu masalah yang dihadapi pengguna adalah kesulitan terhubung dengan layanan WhatsApp atau tidak bisa berkirim pesan. Mulai dari gagal mengirim pesan hingga aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Namun tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi untuk WhatsApp yang sedang error. Bahkan ini bisa diatasi sendiri oleh kamu.

Cara Mengatasi WhatsApp Error

Berikut beberapa cara yang harus dilakukan ketika WhatsApp error, yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Pastikan Terhubung dengan Internet

Ketika WhatsApp sedang down atau error, cobalah untuk mengecek jaringan internet. Pastikan juga koneksi internet baik, jika sinyal jelek coba menggunakan koneksi WiFi yang tersedia di sekitar kamu.

2. Restart HP

Restart HP dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi WhatsApp yang error. Tentunya cara ini membantu menyegarkan kembali sistem operasi HP kamu. Pada saat proses restart, HP akan memuat ulang seluruh sistem. Semua file sementara dan sampah yang tidak digunakan akan dihapus, sehingga ketika Hp kembali dinyalakan, sistem akan bekerja lebih ringan.

3. Bersihkan Cache

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan apabila WhatsApp masih error, cobalah untuk menghapus chace di aplikasi tersebut. Cache ini sebenarnya merupakan data yang tersimpan sementara di aplikasi. Dengan membersihkan chace secara teratur, ini bisa mengurangi beban data yang bisa membuat WhatsApp lemot atau bahkan error.

4. Hapus Data di WhatsApp

Data di WhatsApp yang penuh menjadi salah satu penyebab akun WhatsApp kamu tidak bisa dibuka. Namun, perlu diperhatikan sebelum menghapus data di WhatsApp, kamu sudah melakukan backup data.

5. Uninstall lalu Install Ulang WhatsApp

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan, ialah mencoba untuk mencopot dan menginstall kembali aplikasi tersebut. Cara nya sangat mudah yakni dengan menghapus atau uninstall aplikasi, lalu buka Playstore dan unduh kembali WhatsApp.

Dengan cara menghapus dan menginstall ulang aplikasi WhatsApp dapat membantu membersihkan cache, RAM, mengembalikan sistem ke pengaturan awal, sekaligus memperbarui WhatsApp ke versi paling terbaru. Namun, sangat disarankan sebelum uninstall aplikasi tersebut baiknya mencadangkan data sebelum melakukan reinstall, terlebih jika ada data penting di WhatsApp.

6. Upgrade WhatsApp

Salah satu yang menyebabkan Aplikasi chatting ini tidak bisa digunakan ialah karena telah kadaluwarsa. Untuk itu, cobalah meng-upgrade atau memperbaharui WhatsApp di aplikasi google playstore.

Pasalnya jika tidak di-update, WhatsApp tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya update aplikasi WhatsApp secara rutin. Setelah melakukan update, kamu akan bisa menggunakannya secara normal seperti sediakala.

7. Memeriksa WhatsApp Sedang Down atau Tidak

Penyebab WhatsApp sering error lainnya ialah karena adanya gangguan di server utama. Gangguan ini biasanya menyebabkan layanan WhatsApp down dan tidak bisa digunakan oleh semua penggunaan nya. Jika hal ini terjadi, biasanya kamu juga akan kesulitan untuk mengirim pesan, gambar, audio dan lain sebagainya.

Untuk itu, caranya ialah dengan menunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut telah diperbaiki oleh pihak WhatsApp, dan bisa digunakan oleh pengguna kembali.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi WhatsApp yang sedang down atau error. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru