Jangan Panik! Begini Cara Mematikan Set Top Box yang Benar

Resa Azzahra 0 Komentar

Akhir-akhir ini penyebab STB meledak menjadi perbincangan di media sosial. Lantas bagaimana cara mematikan Set Top Box? Berikut caranya!

INDIFFS.COM – Kini sedang ramai kabar set top box (STB) meledak dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Jika tidak tau cara mematikan set top box dengan benar, maka dapat memberikan dampak buruk pada sekitar rumah, yakni menjadi penyebab kebakaran rumah hingga hilangnya nyawa. 

Belum diketahui pasti apa penyebab set top box tv digital tersebut meledak atau terbakar. Guna menghindari yang tidak diinginkan. Tidak ada salahnya juga kita tetap waspada dengan mengetahui cara yang benar untuk mematikan nya.

Cara Mematikan Set Top Box

Sebelum dimatikan, periksa dahulu keadaan Set Top Box. Untuk menyalakannya, dapat menekan tombol power melalui STB maupun remote. Apabila dalam keadaan menyala, akan muncul nomor channel, jika tidak akan terlihat mode jam saja.

Perlu diingat juga, matikan televisi dengan memastikan STB dalam keadaan tidak menyala. Sebab, walau televisi sudah dimatikan STB tidak mati, maka mesin akan terus berjalan. Hal ini akan membuat STB panas dan bahkan dapat menyebabkan terbakar serta meledak.

Guna menghindari hal tak terduga terjadi, ketahui beberapa cara dibawah ini:

1. Gunakan Remote

Biasanya orang yang pertama kali membeli STB, ketika mematikan TV pertama kali yang akan dimatikan hanyalah TV saja, tidak dengan STB nya. Seharusnya, STB juga ikut dimatikan dengan menggunakan remote yang tersedia. Dengan menekan tombol power sangat penting agar STB mati ketika tidak digunakan. 

  1. Gunakan remote yang sudah tersedia.
  2. Matikan STB melalui remote “Power”.
  3. Setelah itu, matikan televisi yang tak akan digunakan.
  4. Tunggu hingga tampilan LCD menjadi strip.

2. Cabut Kabel STB Listrik

Ketika akan bepergian atau padam listrik, baiknya caput kabel STB dari stop Kontak. Hal ini dapat membuat STB awet, hemat listrik dan terjauh dari dampak buruk. Jika akan bepergian jauh, jangan hanya mematikan tombol power di remote saja, tapi cabut dari listriknya.

  1. Lakukan cara ke-1.
  2. Lalu, cabut aliran kabel STB dari stop Kontak.
  3. Jangan lupa untuk cabut juga colokan TV dan doongle Wifi jika ada.

Mencabut colokan tersebut penting karena STB dalam posisi standby setelah dimatikan dengan remote akan tetap menyala dan mengkonsumsi daya. Terlebih doogle wifi dapat mengonsumsi daya cukup besar.

Itulah beberapa cara sederhana mematikan Set Top Box dengan mudah dan benar. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru