Jangan Sampai Keliru! Begini Perbedaan STB dan Android TV Box

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kamu berencana beli STB? Awas jangan salah beli! Pasalnya, Android TV Box dan STB terlihat hampir mirip, untuk itu ketahui perbedaan nya.

INDIFFS.COM – Di marketplace, saat mencari perangkat STB, biasanya bakal muncul perangkat lain bernama Android TV Box. Jika dilihat sekilas, mungkin kedua perangkat tersebut hampir tampak tak ada bedanya. Namun nyatanya, STB dan Android TV Box terdapat perbedaan yang menonjol.

Tak hanya itu, kemiripan nama dan bentuk ini yang mungkin dapat mengecoh pembeli. Yang mana, keduanya sama-sama memiliki penamaan “TV Box” dan mempunyai bentuk kotak serta keduanya dilengkapi remot.

Jelas ini hampir mirip, yang bisa membuat pembeli terkecoh. Kendati demikian, kedua perangkat tersebut sejatinya berbeda, baik dari segi fungsi maupun kapabilitasnya.

Lantas, apa perbedaan Set Top Box dan Android TV Box? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini!

Perbedaan STB dan Android TV Box

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa perbedaan terkait Set Top Box dan Android TV Box.

1. Fungsi

Meski terlihat sama, jelas keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Yang mana, Set Top Box berfungsi untuk menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog. Sementara, Android TV box berfungsi untuk mengubah televisi konvensional menjadi TV pintar atau smart TV.

Dimana bagi pengguna smart TV dapat menonton layanan streaming berbayar atau konten YouTube di televisi biasa. Hal tersebut karena berbasis Android, maka tampilan antarmuka perangkat televisi pun mirip dengan tampilan di ponsel.

Sedangkan Set Top Box merupakan siaran televisi terestrial, yang mana bakalan menangkap siaran tidak berbayar atau free to air. Apabila pengguna memasangnya di TV analog, maka penggunaan dapat menangkap siaran TV digital dan bukan analog.

2. Fitur Koneksi

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Nah untuk Set Top Box agar bisa menjalankan fungsi tersebut, STB dilengkapi dengan fitur penerima sinyal digital DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation), sesuai standar penyiaran di Indonesia. Sementara, Android TV box dilengkapi dengan dukungan sistem operasi Android dan koneksi internet lewat jaringan WiFi atau kabel LAN.

3. Ciri-Ciri

Meskipun terlihat hampir mirip, keduanya bisa kamu bedakan melalui ciri-ciri berikut:

Set Top Box

  • Memiliki fungsi untuk menerima dan mengkonversi konten dari sinyal digital supaya dapat dimuat di TV analog biasa.
  • Memiliki fitur penerima sinyal digital DVB-T2.
  • Membutuhkan sambungan antena.
  • Tidak membutuhkan koneksi internet.
  • Tidak memiliki fitur penerima WiFi secara built-in.
  • Sambungan ke TV umumnya bisa menggunakan kabel HDMI atau Kabel RCA (kabel warna merah, putih, kuning).

Android TV Box

  • Memiliki fungsi utama untuk mengubah TV biasa menjadi Smart TV.
  • Didukung dengan sistem operasi Android.
  • Memiliki toko aplikasi Google Play Store untuk mengunduh aplikasi.
  • Membutuhkan koneksi internet.
  • Memiliki fitur penerima WiFi secara built-in.
  • Sambungan ke TV umumnya hanya bisa menggunakan kabel HDMI.
  • Rata-rata Android TV Box tidak memiliki fitur penerima sinyal digital DVB-T2.

4. Hak Tayang Siaran Berbeda

Perlu kamu ketahui, bahwa dari keduanya mendapatkan hak tayang siaran yang berbeda. Yang mana, jika android TV Box dapat menjalankan sistem operasi Android TV, dan memungkinkan penggunanya untuk nonton layanan streaming berbasis internet, seperti YouTube, netflix, Disney+ Hotstar, dan sebagainya.

Sementara set top box sendiri, hanya siaran terestrial digital. Dimana saja perangkat berada, selama bisa menangkap sinyal, dan lebihnya akan mendapatkan siaran televisi dengan jernih dibanding TV analog.

5. Tampilan

Meski hampir terlihat sama, nyatanya jika dilihat lebih detail kedua tampilannya berbeda. Yang mana, Set Top Box umumnya berbentuk kotak atau box berukuran sedang dan memiliki beberapa tombol. Sedangkan Android TV Box mengusung tampilan mirip smartphone Android, tapi dengan ukuran layar yang lebih besar.

Demikianlah beberapa perbedaan dari Set Top Box dan Android TV Box yang bisa kamu ketahui. Jadi, setelah memahami perbedaan dari keduanya, pastikan kamu jangan salah beli.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru