Jenis-Jenis Brush Makeup Serta Kegunaannya, Pemula Wajib Tau!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Brush atau kuas makeup memiliki bentuk yang beragam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini jenis dan kegunaan brush makeup

INDIFFS.COM – Brush atau kuas makeup memiliki bentuk yang beragam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bagi kamu yang masih pemula, perlu mengetahui macam-macam brush make up dan kegunaannya agar tidak salah dalam menggunakannya.

Jenis Makeup Brush dan Kegunaannya

Beda bentuk brush atau kuas makeup, beda pula kegunaannya. Nah, agar kamu tidak bingung lagi, simak jenis brush makeup dan kegunaannya berikut ini:

1. Concealer Brush

Concealer Brush

Concealer Brush – Shopee

Kuas concealer ini mempunyai bentuk yang agak panjang dan ujungnya bulat runcing. Kuas ini cocok digunakan untuk membubuhkan concealer pada wajah dengan warna tidak merata atau yang sedang berjerawat, juga sangat bagus sekali digunakan untuk menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata.

2.  Powder Brush

Brush Make Up Powder Brush

Powder Brush – Real Techniques

Fungsi brush yang satu ini adalah untuk mengaplikasikan bedak pada wajah. Bulu kuas yang tebal berfungsi meratakan bedak sehingga mengurangi risiko bedak terlalu tebal di wajah. Nah, menurut ketebalan bulunya powder brush ini ada 3 varian, yakni: large powder brush, medium powder brush, small powder brush. Tentu saja, setiap varian mempunyai ketepatan berbeda pada wajah masing-masing orang tergantung luasan detail wajah orang tersebut.

3. Foundation Brush

Brush Makeup Foundation Brush

Foundation Brush – Flower Beauty

Kuas foundation ini cenderung berbentuk pipih dan memiliki jenis bulu lebih keras dari pada kuas-kuas lainnya. Kuas tersebut sangat tepat untuk mengaplikasikan jenis kosmetik yang berbasis cair maupun krim seperti liquid foundation, creamy foundation, hingga BB atau CC cream.

4. Blush Brush

Blush Brush

Blush Brush – Helmes

Terdapat beberapa blush brush yang memang dibentuk khusus untuk memudahkan mengaplikasikan blush. Biasanya, kuas blush berbentuk bulat dan tebal sehingga mampu memberikan warna merona yang tepat dan sempurna di bagian pipimu.

5. Kabuki Brush

Kabuki Brush

Kabuki Brush – Shopee

Kabuki brush adalah salah satu brush yang harus kamu miliki jika ingin traveling! Karena dengan membawa satu brush ini saja, kamu tetap bisa full make up tanpa harus ribet membawa jenis brush lainnya.

Karena memiliki bentuk yang besar dan fluffy pada brush-nya, alat ini bisa digunakan untuk mengaplikasikan banyak produk seperti bedak, bronzer, hingga blush.

6. Fan Brush

Fan Brush

Fan Brush – Oriflame

Jenis brush makeup yang berikutnya adalah fan brush. Kuas makeup yang satu ini akan membuat aplikasi highlight tampak sempurna. Selain itu, kuas ini juga berguna untuk membersihkan sisa bubuk eyeshadow yang mengotori sekitar mata.

7. Contour Brush

Contour

Contour Brush – Target

Angled atau contour brush digunakan untuk membuat produk kontur yang berguna membentuk, mempertajam, atau mempertegas bentuk wajahmu. Contour brush ini memiliki ujung bulu yang berbentuk runcing dan miring agar mudah menyesuaikan ketika menggunakannya pada tulang pipi dan garis dahi.

8. Sponge Applicator

Sponge Applicator

Sponge Applicator – WowKeren.com

Kuas ini bukan berupa helaian bulu, melainkan berbentuk spons. Fungsinya adalah sebagai aplikator guna membubuhkan eyeshadow pada kelopak mata. Perlu diketahui, kuas ini cukup rentan sehingga dalam penggunaan maupun perawatan nya perlu dilakukan secara lembut.

9. Eye Shadow Brush

kuas Eye Shadow

Brush Eye Shadow – Bobbi Brown

Kuas eye shadow yang berjenis helaian bulu memiliki bentuk pipih dan ujungnya tebal atau cenderung cembung. Kuas tersebut biasanya dipakai untuk membentuk sudut mata menggunakan eye shadow.

10. Eyeliner Brush

Kuas Eyeliner

Eyeliner Brush – Nastelle

Eyeliner brush merupakan kuas eyeliner yang memiliki kegunaan untuk mengaplikasikan eyeliner. Untuk menggunakan eyeliner bubuk, basahi brush ini. Apabila ingin mengaplikasikan eyeliner cair, gunakan kuas ini dalam keadaan kering.

11. Lip Brush

Lip Brush

Lip Brush – Shopee

Bentuk kuas yang tipis dirancang untuk membentuk garis bibir agar lebih tepat. Mengatur intensitas warna lipstik sesuai keinginan. Lip brush digunakan untuk mengaplikasikan lipstick palette atau lipstick matte agar dapat dibentuk sesuai dengan selera.

Nah, itulah jenis-jenis brush makeup dan kegunaannya. Gimana udah tau kan sekarang? Jangan sampai salah lagi ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru