Jerry Lawson Jadi Google Doodle, Rayakan Ulang Tahun Ke-82

Resa Azzahra 0 Komentar

Jerry Lawson menjadi google doodle hari ini. Jerry merupakan bapak game modern yang menciptakan video game unik jadul hingga masa kini.

INDIFFS.COM – Google Doodle hari ini menampilkan Gerald Jerry Lawson dan video game inspiratif dalam rangka ulang tahun ke-82. Terdapat game unik yang dapat dimainkan pengguna dari laman situsnya langsung pada Kamis, (1 Desember 2022).

Video game tersebut dirancang oleh tiga seniman dan desainer game Amerika, yakni Davionne Googden, Lauren Brown dan Momo Pixel. Dunia mengenang sosok Jerry Lawson merupakan bapak video game modern. Ia adalah pemimpin tim yang dapat mengembangkan sistem video game yang bisa dimainkan dirumah. Barang ciptaannya dapat mengubah cara kita bermain video game pertama menggunakan kaset (cartrige) yang dapat ditukarkan.

Lawson menempuh pendidikan di Queens College dan City College of New York. Setelah lulus, ia memulai karirnya di Palo Alto, California. Setibanya disini, Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik.

Selang beberapa tahun, ia akhirnya dipromosikan sebagai Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Faichild dan memimpin pengembangan sistem Channel F, F berarti kesenangan.

Berkat Channel F yang dikembangkannya, konsol tak lagi mengandalkan game di salam saja. Sayangnya, Lawson, meski sebagai pionir, tidak meraup sukses semestinya dia dapat. Sebab, konsol game yang ia buat tidak mendapat respon baik dari pasar.

Karena idenya membuat raksasa game seperti Nintendo dan Atari mengadopsi teknologi. Seiring zaman metode tersebut terus berkembang dan menjadi standar umum permainan berbasis konsol hingga saat ini.

Pada tahun 2011, International Game Developers Association mengakui Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya dalam dunia game. Karena pencapaiannya, Lawson di abadikan dalam World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Lawson meninggal pada 9 April 2022 saat berusia 70 tahun. Sosoknya mungkin tidak terkenal di mata masyarakat umum. Namun ia menjadi sosok paling di hormati di kalangan industri game.

“Dia sudah jelas seorang pioner, ” ujar pembuat game terpopuler “Pong” Allan Alcorn, saat International Game Developers Association memberikan penghormatan untuk karier Jerry Lawson pada 2011.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru