Judgmental: Pengertian dan Ciri-Ciri yang Perlu Diketahui

Wiwin Indriani 0 Komentar

Interaksi dengan orang lain terkadang menimbulkan penilaian yang bersifat judgmental. Berikut ini arti dan ciri-ciri judgmental

INDIFFS.COM – Interaksi dengan orang lain baik di dunia nyata maupun dalam dunia maya terkadang menimbulkan penilaian yang muncul dari masing-masing pihak. Penilaian yang dilontarkan seseorang ada yang bersifat membangun dan ada juga yang bersifat judgmental. 

Pengertian 

Berdasarkan Cambridge Dictionary, judgmental merupakan sifat yang cenderung membentuk opini terlalu cepat. Tindakan ini biasanya akan lebih mudah memberikan penilaian atau judgmental tersebut. Sebuah stigma yang dilekatkan pada perilaku ini kebanyakan bermakna negatif.

Keberadaan media sosial semakin mempermudah menampakkan sisi judgmental seseorang dengan tidak melihat suatu status maupun kedudukan dari seseorang. Banyak orang yang memenuhi lini masa dengan tujuan perbuatan judgmental atau menghakimi. 

Dalam bahasa gaul, perilaku menghakimi seseorang secara sepihak adalah tindakan julid. Sebenarnya, julid berasal dari bahasa Sunda yaitu binjulid yang artinya iri, dengki, atau sikap kekanakan dalam menanggapi sesuatu. 

Kondisi ini tidak hanya berlaku pada mereka yang saling mengenal saja. Akan tetapi, di media sosial yang pada dasarnya banyak yang tidak saling mengenal saja bisa saling menghakimi. Pada dasarnya, sifat seperti ini bisa dimiliki oleh seseorang karena kurangnya rasa untuk menerima perbedaan.

Namun, kamu harus menyadari bahwa orang mempunyai cara untuk menjalani hidupnya masing-masing, kamu tidak seharusnya menghakimi mereka karena hal ini merupakan urusan pribadi.

Ciri-ciri

Ada beberapa hal yang sering kali dilakukan oleh orang judgmental. Agar kamu tidak terjebak dengan sifat seperti ini, kenali beberapa ciri judgmental berikut ini:

1. Suka Menilai Orang Lain Dari Penampilannya

Setiap bertemu dengan orang baru, sosok judgmental cenderung menilai mereka dari penampilannya saja. Jika kurang bagus, kamu cenderung malas untuk berteman dengan dia, sebab bagimu kesan pertama adalah segalanya.
Padahal ada banyak kriteria lain yang bisa dinilai, seperti kepintaran atau sifatnya.

2. Sering Gosip

Setiap orang mungkin pernah menyampaikan gosip, tapi jika melakukan ini terlalu sering ada kemungkinan kamu orang yang judgmental. Kamu sering menyebarkan rumor atau komentar negatif tentang orang lain kepada teman-temanmu hanya karena tidak suka.

3. Menganggap Orang Berbohong Tanpa Bukti

Apabila suka menuduh orang lain berbohong padahal tidak mempunyai bukti yang kuat, bisa jadi kamu termasuk judgmental. Kamu cuma merasa ada yang tidak beres dengan orang itu jadi memilih untuk menganggap dia berbohong tanpa meminta penjelasan.

4. Bersikap Pesimis Terhadap Hidup

Ternyata, tanpa disadari sikap pesimis juga termasuk judgmental. Karena kamu sudah berprasangka buruk duluan terhadap hidup, padahal belum tentu yang kamu sangkakan itu benar. Melihat ada lowongan kerja baru yang menawarkan gaji besar, tapi kamu menolak untuk mencoba melamar karena sudah menghakimi dirimu duluan kalau kamu gak bakal lolos seleksi. Atau lebih parah lagi, langsung menuduh perusahaan itu cuma tipu-tipu, pasti nanti yang diterima lewat jalur orang dalam.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru