Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Tidak sedikit orang yang tidak mengetahui kandungan gizi serta manfaat yang terkadandung dalam tempe, salah satunya dapat mencegah asma lho!

Indiffs – Sudah tak aneh lagi masyarakat Indonesia mengenal dengan makanan yang satu ini, ya tempe. Namun sedikit orang yang mengenal manfaat serta kandungan yang terdapat pada tempe ini. Ya, tempe merupakan salah satu jenis makanan yang sangat digemari dan paling banyak dikonsumsi orang. Tempe, juga merupakan makanan asli Indonesia yang berbahan dasar kedelai di fermentasi dan kaya akan gizi. Selain kedelai, tempe juga dapat dibuat dari beragam jenis kacang lainnya, gandum, atau campuran gandum dan kedelai. Makanan tradisional yang satu ini memiliki tekstur kering. Cara mengolahnya pun dapat di kukus, di tumis, atau dipanggang. Meski begitu perlu diketahui beberapa kandungan yang terkandung dalam tempe:

Kandungan Gizi Tempe

Dalam 100 gram tempe, terkandung sekitar 190–200 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 18–20 gram protein
  • 8 gram karbohidrat
  • 8,8–9 gram lemak
  • 1,4 gram serat
  • 10 miligram natrium
  • 2,7 miligram zat besi
  • 80 miligram magnesium
  • 110 miligram kalsium
  • 270 miligram fosfor
  • 400 miligram kalium

Manfaat Tempe bagi Kesehatan

1. Sebagai Antibodi Tubuh

Salah satu manfaat tempe ini ialah sebagai antibodi tubuh karena pada proses fermentasi tempe, kedelai dan ragi akan membentuk asam fitat dan berbagai bakteri baik, salah satunya adalah probiotik. Probiotik ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya sebagai antibodi tubuh. Selain itu, probiotik juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan usus.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi tempe bisa menurunkan kolesterol yang ada di tubuh Anda. Tempe yang terbuat dari kedelai ini secara alami kedelainya memiliki senyawa bernama isoflavon. Isoflavon inilah yang berfungsi sebagai penurun kolesterol jahat atau LDL. Namun pastikan juga dalam proses mamsaknya karena apabila di masak dengan menggunakan minyak yang banyak bisa jadi kandungan yang terdapat pada tempe bisa hilang.

3. Aman Pengidap Diabetes

Isovlon inilah dan serat yang mampu mengontrol kestabilan gula darah, serta memperbaiki resistensi insulin dalam tubuh. Selain baik dikonsumsi para pengidap diabetes, tempe juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

4. Sumber Kalsium yang Baik

Jika berbicara tentang sumber kalsium, orang akan mengingat susu. Faktanya, tempe juga dapat dijadikan sumber kalsium yang baik, tidak jauh berbeda dengan susu. Setiap 100 gram susu, mengandung 125 miligram kalsium, sedangkan setiap 100 gram tempe, mengandung 155 miligram kalsium.

5. Sumber Protein

Protein ini memiliki fungsi untuk menjaga jaringan otot dan penghasil enzim proteolitik yang bisa memecah rantai protein agar dapat diserap oleh tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tempe terbukti kualitasnya lebih baik dibandingkan kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik.

6. Mencegah Kanker

Ternyata, salah satu manfaat tempe untuk kesehatan adalah dapat mencegah kanker. Tempe memiliki kandungan senyawa polifenol dan isoflavon yang bertugas menghambat proses produksi pembuluh darah sel kanker.

7. Dapat Mencegah Asma

Tempe merupakan makanan yang kaya akan serat yang baik untuk kesehatan paru-paru. Kesehatan paru-paru dipengaruhi oleh cara serat dan asam lemak memasuki aliran darah. Serat yang terkandung di dalam tempe inilah yang dapat memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah.

Itulah beberapa kandungan dan manfaat dalam tempe yang merupakan makanan khas Indonesia ini. Namun perlu diperhatikan cara masak nya pun, karena jangan sampai gizi yang terkandung dalam tempe hilang seketika karena kesalahan dalam mengolahnya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru