Kartu Prakerja 2023 Segera Dibuka, Inilah Syarat Pendaftarannya!

Dini NHaH 0 Komentar

Pendaftaran kartu Prakerja akan kembali dibuka di 2023. Tahun ini, kartu Prakerja akan menambah besaran insentif yang diterima oleh peserta.

INDIFFS.COM – Pendaftaran kartu Prakerja akan kembali dibuka di 2023. Tahun ini, kartu Prakerja akan menambah besaran insentif yang diterima oleh peserta.

Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Prakerja juga bermanfaat bagi mereka yang terkena PHK untuk mendapatkan pelatihan baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Program Kartu Prakerja sudah dimulai sejak 2020 dan akan berlanjut pada 2023. Hal itu merujuk pada pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya.

“Mengutip pernyataan dari Pak Menko (Perekonomian Airlangga Hartarto) pada talkshow di TVRI, Prakerja 2023 akan dimulai di Q1 2023 dengan skema normal,” ujar William Minggu, (1/1/2023).

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja 2023

Pendaftaran Kartu Prakerja pada tahun ini disinyalir akan segera dibuka sebentar lagi. Namun, ada skema yang berubah dalam penyelenggaraan program Kartu Prakerja ini.

Dikutip dari laman prakerja.go.id, berikut syarat mendaftar Kartu Prakerja:

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Skema Terbaru Program Kartu Prakerja 2023

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Program Kartu Prakerja memilki skema berbeda pada tahun ini. Berikut penjelasannya!

  1. Fokus pada peningkatan skill penerima, bukan semi-bansos.
  2. Bantuan biaya pelatihan lebih besar dari intensif.
  3. Standar pelatihan ditingkatkan.
  4. Variasi bentuk pelatihan bertambah (daring, luring, bauran).

Demikianlah pembahasan mengenai syarat untuk pendaftaran dan skema terbaru program kartu Prakerja di tahun ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru