Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Pahami Sebelum Membeli

Hani Hnsa 0 Komentar

Sebelum beralih, kamu harus paham apa saja kelebihan dan kekurangan mobil listrik sehingga kamu tak akan menyesal saat menggunakannya.

INDIFFS.COM – Animo masyarakat terhadap mobil listrik saat ini cukup tinggi. kecanggihan fitur serta memiliki dampak yang minim terhadap lingkungan menjadi penyebab utamanya. Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan mobil yang mulai memproduksi mobil listrik, sehingga masyarakat pun memiliki banyak opsi pilihan untuk mulai beralih ke mobil listrik. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan mobil listrik? Simak ulasannya.

Kelebihan Mobil Listrik

Mobil listrik yang dulu hanya angan kini kian populer. Tentunya ini jadi angin segar bagi masyarakat yang menginginkan solusi berkendara yang lebih baik lagi. Hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya kelebihan mobil listrik yang tidak bisa didapatkan dari mobil berbahan bakar bensin. Melansir dari berbagai sumber, berikut kelebihan dari mobil listrik:

  • Bebas Ganjil Genap

Peraturan mengenai ganjil genap terkadang menyusahkan pengendara mobil ketika ingin beraktivitas. Peraturan itu pula yang membuat mobilitas kita terhambat di ibu kota DKI Jakarta.

Namun hal tersebut tidak akan kita alami jika mengendarai mobil listrik di Jakarta. Sebab Pemprov DKI Jakarta punya peraturan yang membebaskan pengendara mobil listrik dari aturan ganjil genap, yakni yang tertuang dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

  • Ramah Lingkungan

Kelebihan mobil listrik yang satu ini tentu menjadi alasan utama banyak yang mulai beralih ke mobil listrik untuk menunjang kegiatan mobilitas nya. Itulah mengapa saat ini Pemerintah turut gencar dalam mengkampanyekan kepada masyarakat untuk mulai beralih ke kendaraan listrik.

Mobil konvensional memiliki emisi buangan dari mesin pembakaran internal nya, seperti karbon monoksida. Sedangkan mobil listrik tidak mengeluarkan emisi buangan, karena mobil digerakkan oleh motor listrik sehingga efek emisi gas rumah kaca pun dapat diminimalisir.

  • Perawatan Mobil yang Mudah

Busi, oli, radiator, dan lain sebagainya. Segelintir dari banyaknya perawatan mobil berbahan bakar bensin yang harus dilakukan secara rutin. Namun, hal-hal ini tidak perlu kamu pusing kan bila berkendara dengan mobil listrik. Perawatan mobil yang mudah menjadi kelebihan mobil listrik yang dicari-cari banyak orang.

Kamu tidak perlu lagi mengingat jadwal ganti oli ataupun istilah-istilah mesin mobil karena mobil listrik hanya terdiri dari baterai saja. Terlebih lagi, mesin mobil listrik juga lebih upgraded, sehingga tidak memerlukan perawatan mobil yang terlalu rumit.

  • Tidak Berisik

Bagi kamu yang mementingkan kenyamanan dalam berkendara dengan mobil, maka mobil listrik bisa menjadi pilihan.

Sebab salah satu kelebihan mobil listrik adalah kabin nya yang lebih senyap dibanding mobil biasa. Jika menaiki mobil listrik, kita hampir tidak bisa mendengarkan suara mesin ketika berada di dalam kabin. Yang terdengar hanyalah suara roda yang bersentuhan dengan jalan aspal.

  • Kualitas Performa Dapat Diandalkan

Walau digerakkan dengan daya listrik, performa mobil listrik pun tak kalah dibandingkan dengan mobil konvensional. Saat pedal diinjak, torsi puncak pada mobil listrik akan langsung tersedia, sehingga tak perlu menunggu pada putaran mesin tertentu agar mobil langsung melaju sesuai dengan kecepatan yang dihendaki.

Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan mesin pembakaran internal, dengan torsi puncak pada mobil konvensional baru tersedia pada putaran mesin tertentu.

Kekurangan Mobil Listrik

Meski dinilai memiliki kelebihan, mobil listrik juga mempunyai kekurangan. Melansir dari berbagai sumber, berikut kekurangan dari mobil listrik:

  • Harga Masih Mahal

Sayangnya beberapa mobil listrik yang tersedia saat ini memiliki harga yang cukup mahal, sehingga beberapa orang memilih untuk berfikir terlebih dahulu sebelum membeli mobil listrik. Untuk mobil listrik termurah di Indonesia adalah DFSK Gelora E yang di banderol dari Rp. 577,8 juta. Sedangkan untuk kelas SUV termurah datang dari Hyundai Kona yang di banderol mulai dari Rp. 742 juta.

  • Harga Baterai Masih Mahal

Harga baterai mobil listrik yang mahal juga menjadi kendala dalam kepemilikan kendaraan ini. Sebab baterai merupakan komponen paling utama atau vital dalam kendaraan listrik.

Saat ini pabrikan mobil listrik memang memberikan garansi yang cukup panjang yakni 8 tahun atau sekitar 160 ribu kilometer. Namun seiring pemakaian, kualitas baterai mobil listrik bisa menurun dan harus diganti.

  • Pengisian Daya Cukup Lama

Pengisian daya mobil listrik level 1 maupun 2 dapat memakan waktu hingga 8 jam. Bahkan, di stasiun pengisian cepat membutuhkan waktu 30 menit untuk kapasitas daya 80 persen. Ini membuat pengemudi mobil listrik mesti lebih berhati-hati dalam merencanakan perjalanan karena sulitnya mengisi daya listrik.

  • Tempat Pengecasan Baterai Masih Sedikit

Bisa jadi ini adalah kekurangan dari mobil listrik yang paling vital. Hingga kini tempat pengisian bahan bakar khusus mobil listrik di Indonesia masih minim dan belum tersebar di banyak daerah.

Ini tentunya jadi kendala bagi pemilik mobil listrik yang ingin berkendara jauh, seperti touring ataupun roadtrip. Hingga kini tempat pengecasan baterai mobil listrik baru ada di sejumlah kota besar, dan jumlahnya masih sekitar 31 buah.

  • Kekhawatiran Kekurangan Daya Saat Perjalanan Jauh

Sama halnya dengan mobil konvensional yang memiliki kapasitas bahan bakar dengan jumlah tertentu, mobil listrik pun memiliki kapasitas daya dengan jumlah tertentu. Karena charging station yang belum merata, sehingga untuk membawa mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh dirasa cukup memberikan kekhawatiran akan kehabisan daya dan tak bisa mengisi daya pada baterai nya. Sehingga banyak para pengguna mobil listrik yang hanya menjalankannya untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

Itulah kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang patut untuk kamu perhatikan sebelum beralih ke mobil listrik. Layaknya ketika membeli mobil biasa, membeli mobil listrik pun perlu pertimbangan yang ekstra. Maka, selalu pertimbangkan dengan matang sebelumnya, ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru