Kelebihan Seorang Ekstrovert, Apa Saja Itu?

Admin 0 Komentar

Setiap tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, salah satunya kepribadian ekstrovert. apa saja kelebihan ekstrovert?

IndiffsEkstrovert adalah kepribadian yang lebih cenderung menikmati ruang bebas yang aktif dengan cara bergaul dan suka berbicara dengan orang sekitarnya. Karena itu sifat ekstrovert lebih membuka diri dan aktif dalam situasi sosial. Setiap orang pasti punya kecenderungan memiliki kepribadian yang dominan, salah satunya kepribadian ekstrovert. Setiap tipe kepribadian tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, begitupun dengan kepribadian ekstrovert. Lantas apa saja kelebihan dari seorang ekstrovert?

1. Percaya diri

Hal yang memengaruhi seorang ekstrovert dapat menjadi pemimpin yang baik adalah karena mereka cenderung percaya diri. Hal ini mungkin tidak dimiliki oleh semua orang dan terdapat porsinya masing-masing. Pada orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, rasa percaya diri ini seakan sudah tersambung dengan sendirinya. Karena umumnya mereka memiliki semangat tinggi dan energik ketika beraktivitas baik di publik maupun lingkungan terbatas. Kepercayaan diri ini diperlukan untuk meningkatkan interaksi dan berkomunikasi dengan orang lain di lingkungannya dengan baik.

2. Cepat dalam Berpikir

Para ekstrovert memiliki kemampuan cepat berpikir dan cepat mengambil keputusan. Bukan karena mereka lebih cerdas atau lebih tangkas, hanya saja ia lebih peka dengan banyak hal yang terjadi di sekitarnya. Otaknya memproses lebih cepat dalam perencanaan dan mengambil tindakan.

3. Berani Mengambil Risiko

Uniknya, para ekstrovert lebih berani mengambil risiko dibanding teman-temannya yang introvert. Diketahui dari penelitian, ini adalah efek dari sensitivitas dopamin yang ada di dalam otaknya. Entah ia tipe yang bisa mengatasinya atau justru tak pandai mengatasinya, poin yang penting adalah ia berani mengambil risiko.

4. Pekerja Keras

Kebanyakan orang-orang extrovert memiliki sikap yang bekerja keras tanpa memilih pekerjaan mana yang ingin dikerjakannya. Sehingga orang dengan kepribadian ini cenderung memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Apakah itu ditempat kerja maupun di lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu mereka juga memiliki jiwa sosial yang baik dalam hidup bermasyarakat. Mereka peduli pada isu-isu yang terjadi di lingkungannya. Tidak heran mereka sering mengikuti kegiatan sosial bersama teman atau rekan dekatnya.

5. Optimis dan Antusias

Jika kamu sering menemui orang-orang yang memiliki antusias tinggi dan semangat tinggi bisa saja orang tersebut memiliki kepribadian ekstrovert. Karena mereka selalu tampak ceria dan semangat setiap waktu. Ditambah jika mereka dalam situasi dan kondisi yang disukai, mereka akan lebih riang dan ceria di dalamnya. Namun, jangan pikir orang dengan kepribadian ekstrovert tidak bisa bersedih. Saat mereka berada dalam kondisi down mereka bisa menunjukkan kesedihan yang dialami atau apa yang sedang mereka rasakan. Mereka bisa menjadi pendiam seketika jika dihadapkan pada situasi yang sulit, sedih dan tidak menyenangkan. Biasanya jika mereka pada tahap pendiam, artinya mereka sudah berada pada titik terendah yang pernah dirasakan. Nah, cara mereka untuk kembali bersemangat adalah dengan berada di keramaian baik dengan teman atau dengan orang yang mereka percayai.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru